PSD FIP UNY Terima Tamu dari Universitas Lampung

Selasa (20/10) Fakultas Ilmu Pendidikan mendapat kunjungan Mahasiswa PPL dari PGSD FKIP Universitas Lampung sebanyak 90 mahasiswa. Kedatangan rombongan ini disambut oleh Dekan, WD II, WD III Kajur PSD dan beberapa dosen prodi PGSD FIP UNY. Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd menerangkan dalam pembukaannya, sesuai dengan Visi FIP UNY yaitu menjadi pusat pencerahan dan pembaharuan pendidikan berbasis ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan; dan berwawasan kebangsaan. Hal ini terbukti dengan banyaknya kunjungan dari Instansi lain.

Setelah sambutan dari pihak Universitas Lampung yang diwakili oleh Drs. Rapani, M.Pd. selaku Kajur PGSD FKIP Unila dan serah terima cidera mata, dibuka sesi pertanyaan bagi mahasiswa. Diskusi antar mahasiswa Unila dan wakil dari FIP UNY pun berjalan sangat menarik dan komprehensif. Berbagai pertanyaan mengenai bagaimana sarana dan prasarana serta bagaimana metode pengajaran dosen agar para mahasiswa dapat menyerap sepenuhnya materi dari dosenpun mendapat tanggapan positif dari para wakil FIP UNY.

Pertanyaan lain yang terlontar yaitu mengapa mahasiswa PSD harus berseragam. Sebagai seorang calon guru, tentunya pendidikan karakter merupakan hal yang wajib. Inilah sebagai salah satu cara menunjukkan karakter seorang pendidik. Ada juga pertanyaan mengenai KKN PPL dan kurikulum. Mahasiswa dituntut agar dapat selesai tepat waktu (4 thn). Bahasa Inggris juga harus dibiasakan, maka dari itu sebelum ujian skripsi, skor TOEFL mahasiswa haruslah 400 ke atas. Kajur PSD FIP UNY, Suparlan , M.Pd.I. menjelaskan secara bertahap dan terperinci mengenai beberapa program dari FIP UNY. Dimulai dari bimbingan dan pembentukan karakter yang dicanangkan oleh FIP UNY bagi mahasiswanya. Seperti salah satunya yaitu seperti membiasakan para mahasiswa melakukan semenit untuk kebersihan kelas sebelum pelajaran, dilarang merokok di lingkungan kampus. (ant)