Mahasiswa Psikologi UNY terpilih sebagai Diajeng Kota Jogja 2017

Hergita Syi Vadila Sudarisman atau akrab disapa dengan sebutan Gita, mahasiswa S 1 Psikologi FIP UNY angkatan 2015, berhasil terpilih sebagai Diajeng Kota Jogja, mendampingi Dimas Kota Jogja, Roman (Akuntasi UNY) pada acara Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja. Gita yang lahir di Jakarta, 26 Januari 1997 memiliki kegemaran dalam menari tradisional dan musik. Sedari kecil hingga saat ini Gita pernah menarikan tarian dari berbagai daerah seperti tari Bali, tari Betawi, tari Jawa, dan tari Aceh. Selain itu dirinya pernah menjadi atlet renang wanita. Kesibukannya saat ini selain sebagai mahasiswa yaitu sebagai fasilitator dalam suatu pelatihan kewirausahaan Econosphere 2.

Bagi dirinya, mengikuti Pemilihan Dimas Diajeng kota Jogja merupakan cara untuk lebih membuka wawasan mengenai kota Jogja serta menanamkan karakter kepribadian yang baik. ”Seorang Duta wisata wajib memiliki kepribadian yang baik untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Dalam hal ini percaya diri, kerendahan hati, ketulusan dan empati merupakan karakter yang penting dalam menjadi seorang duta wisata.” Tambah gadis yang lahir 20 tahun silam.

Menurut mahasiswa semester 5 ini, bergabung dalam Paguyuban Dimas Diajeng Kota Jogja merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Mewakilkan pemuda pemudi kota Jogja dalam merepresentasikan kota Jogja yang terkenal dengan kota berbudaya, serta keramah tamahan warganya.

“Yogyakarta merupakan kota yang memiliki jati diri yang kuat. Sebagai pemuda kita wajib mengambil peran dalam mempertahankan dan melestarikan kearifan lokal yang dimiliki. Salah satu caranya yaitu dengan menjadi pemuda Jogja yang sadar akan potensi wisata yang ada lalu mengenalkannya kepada masyarakat.” Ungkapnya lagi (kr/ant)