Workshop Pembinaan dan Peningkatan Etos Kerja Tenaga Kependidikan FIP UNY

Minggu (27/8) Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan acara Workshop Pembinaan dan Peningkatan Etos Kerja Tenaga Kependidikan FIP UNY di Purwobinangun Pakem Sleman. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Wisata Banyu Sumilir ini guna memupuk keberanian, kekompakan, daya tahan dan sebagai sarana refreshing buka Wakil Dekan II Dr. Cepi Safruddin, M.Pd. dalam pembukaan Workshop ini. Untuk itu, semua tendik diharapkan dapat mengikuti Tracking di sepanjang desa wisata ini.

Acara yang diikuti sekitar 78 Tenaga Kependidikan FIP UNY ini sebagai tindak lanjut pelatihan pelayanan prima yang sudah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya. Cepi menjelaskan bahwa tendik sangat penting perannya untuk menjalankan administrasi sebuah institusi pendidikan. Dirinya menambahkan lagi, Etos kerja ialah derajat evaluatif seseorang terhadap kemajuan diri pribadinya (kepribadiannya), kematangan sosialnya, maupun penguasaan (kematangan) tugas pekerjaannya.

Hal ini diamini oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. yang menyatakan bahwa etos kerja yang baik ditandai dengan rasa mencintai pekerjaan yang besar karena dengan demikian akan mendorong dan menyemangati mereka untuk melakukan pekerjaannya dengan baik, memberikan sebanyak mungkin pengabdian kepada organisasi dan masyarakatnya. Motivasi seseorang dalam bekerja dapat berasal dari berbagai hal. Ada orang yang termotivasi mengerjakan sesuatu karena uangnya banyak, meskipun kadang-kadang pekerjaan itu secara hukum tidak benar. Ada juga yang termotivasi karena rasa aman atau keselamatan meskipun bekerja dengan jarak yang jauh. Bahkan ada orang yang termotivasi bekerja hanya karena pekerjaan tersebut memberikan prestise yang tinggi tutup Dr. Haryanto mengakhiri pembukaan ini. Selanjutnya semua tendik menuju ke lapangan untuk mengikuti outbound dan flying fox. (ant)