“Inovasi Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus”

Jumat (27/10) Secara umum permasalahan sekolah inklusi di Indonesia yaitu belum adanya keterpaduan mengajar antara guru reguler dan guru pendidikan khusus, sehingga pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan anak pada umumnya cenderung berbeda. Peran utama guru pendidikan khusus yaitu mendesain kurikulum dan pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua siswa, sehingga semua siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran, buka Assoc. Prof. David Evans dari University of Sydney dalam sesi pembukaan acara Studium General dengan tema “Inovasi Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus”

Lebih lanjut David menerangkan bahwa upaya yang dapat dilakukan guru untuk mensukseskan pembelajaran yaitu dengan menerapkan pembelajaran evidence based practices, tujuan pembelajaran yang fleksibel, pemberian instruksi khusus untuk ABK dan kolaborasi antara guru pendidikan khusus dengan guru reguler. Acara yang dilangsungkan di Ruang Sidang Rektorat UNY ini berlangsung secara aktif dengan adanya interaksi antara narasumber dengan peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa S1 dan S2 PLB, Praktisi Pendidikan dan Guru SLB. Ketika penyampaian materi, David memberikan contoh-contoh praktis dan analogi-analogi untuk mempermudah peserta dalam memahami materi.

Kemudian materi kedua disajikan oleh Prof. Edi Purwanta, M.Pd, Guru Besar Jurusan PLB, dengan judul Inovasi Pengembangan Karir ABK. Secara garis besar narasumber membahas bahwa karier merupakan pekerjaan yang ditekuni dan dikembangkan untuk mencapai kemandirian dan kepuasan. Kemandirian meliputi kemampuan mengurus diri sendiri dan mengelola dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lebih lanjut Edi mengatakan bahwa kemandirian pada anak berkebutuhan khusus tergantung pada jenis disabilitas dan berat-ringannya disabilitas. Bimbingan karier dibutuhkan untuk menemukan kekuatan diri dengan peluang pekerjaan yang sesuai sehingga memperoleh kepuasan dan kemandirian. Penentuan karier diawali dengan asesmen yang terdiri dari asesmen akademik dan asesmen karier. (ani/ant)