Prodi PGSD FIP UNY Raih Akreditasi A

Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar FIP UNY telah resmi memperoleh Akreditasi BAN-PT dengan nilai A. Hasil ini diperoleh selang satu bulan dari visitasi yang dilakukan oleh dua asesor BAN-PT yaitu Dr. H.Y. Suyitno, M. Pd dari UPI Bandung dan Dr. Yalvema Miaz, MA dari UNP Padang. Visitasi telah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15-16 Maret 2017 yang berpusat di kampus FIP UNY.

Pada hari pertama, para asesor melakukan klarifikasi dan pengecekan data dengan para Tim Task Force PGSD serta jajaran Dekanat dan Tim Penjamin Mutu FIP UNY. PGSD telah mempersiapkan terkait visitasi reakreditasi ini secara matang. Pokok-pokok hal yang dinilai dari tim asesor terdiri dari visi misi program studi PGSD, administrasi dan kesekreatariatan, kurikulum, sarana prasarana, kebijakan, penerapan Tri Dharma perguruan tinggi melalui penelitian, mahasiswa dan alumni.

Akreditasi PGSD ini dinilai oleh tim asesor melalui dua tahap yaitu tahap pertama, penilaian terhadap borang dan atau portofolio progtram studi/institusi beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian “diatas meja” (desk evaluation). Tahap kedua penilaian di lapangan (visitasi) untuk pembuktian atau validasi dan verifikasi hasil desk evaluation berupa wawancara langsung terhadap kajur (ketua jurusan) dan sekjur(sekretaris jurusan), dosen, alumni dan mahasiswa. Melalui dua tahapan tersebut tim asesor dapat memberi penilaian dari aspek borang, portofolio dan hasil wawancara.

Di hari kedua, kedua asesor berdiskusi dengan para dosen PGSD, para mahasiswa, dan alumni yang dilanjutkan dengan kunjungan di kampus Wates. Di akhir agenda visitasi, para asesor banyak memberikan saran atas kekurangan-kekurangan yang diperoleh dari hasil visitasi demi kemajuan Prodi PGSD ke depannya. Dengan keluarnya nilai Akreditasi A, Prodi PGSD UNY bertekad akan senantiasa meningkatkan kualitas terutama dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dan mutu lulusan. (yos/ant)