Mahasiswa UNY Sabet Peringkat 2 LKTI di UNM Makassar

Mahasiswa UNY berhasil meraih juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh jurusan PGSD Universitas Negeri Makassar. Pada kompetisi ini, Tim UNY C diwakili oleh Endah Istiqomah (PGSD FIP 2016), Ahmat Prabowo (Pendidikan Teknik Otomotif 2016) dan Hindun Nur Aisyah (PAUD FIP 2016). Pada ajang bergengsi ini, tim ini mengangkat karya “Dakon edukasi (DADU) Sebagai media pembelajaran pada kelas 2 SD untuk meningkatkan budaya membaca”. Mereka semua belajar untuk berkarya melalui Organisasi yang diikutinya yaitu UKM Penelitian salah satu UKM Penalaran yang berada di UNY.

Hindun menjelaskan "Latar belakang pembuatan karyanya ini karena melihat banyak ditemukan siswa SD yang tidak menyukai aktivitas membaca baik membaca buku pelajaran ataupun sekedar buku cerita. Kurangnya media pembelajaran menarik untuk meningkatkan minat membaca, menjadikan anak lebih cenderung bermain dengan gadget" imbuhnya.

LKTI ini yang merupakan event tahunan, yang pada tahun mengangkat tema “Kontribusi Generasi Muda dalam Pengokohan Jati Diri Bangsa Melalui Penguatan Pendidikan Dasar menuju Indonesia Emas tahun 2030” dengan subtema pengembangan media pembelajaran, inovasi media berbasis karakter, peran IPTEK dalam pendidikan. Final LKTI UNM diselenggarakan pada 4 Mei 2018 di Gedung FK 5 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

Dalam kompetensi ini, 15 finalis berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia seperti UIN Awaludin, IPB, UNNES, UNY, UNHAS, UMS, UNP, USU. Tim UNY berhasil meraih juara II, kemudian disusul UIN Awaludin dengan Juara III dan juara I diraih oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain kegiatan ini, terdapat rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Pameran Pendidikan UNM, serta Lomba Debat Bahasa Indonesia se-Indonesia (ahm/ant).