SOSIALISASI LAYANAN DIKLAT KEPALA SEKOLAH OLEH PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN FIP UNY

Prodi MP FIP UNY bertandang ke enam instansi dinas pendidikan di wilayah DIY dan Jawa Tengah dalam rangka mensosialisasikan keberadaan Lembaga Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah (LPDKS) UNY. Salah satu diantara pimpinan instansi tersebut adalah Drs. Daeng Daeda, M.Pd. selaku Sekretaris Dikdispora Kab Bantul. Dalam pertemuan yang digelar pada rabu 31 Oktober 2018 itu, Sekretaris Disdikpora menyambut positif berdirinya LPDKS ini.

Mitra penyelenggaraan program kekepalasekolahan ini tidak hanya Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota namun juga Kanwil Kemenag (bidang pendidikan Madrasah), yayasan penyelenggara pendidikan dan lembaga pendidikan perseorangan/ NGO/lainnya.

Berdirinya LPDKS UNY tidak terlepas dari kerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah (LPPKS). Sesuai dengan surat Keputusan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud No 23195/B.B13/HK/2018, UNY ditetapkan sebagai salah satu Lembaga Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah (LPDKS). Unit Lembaga Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah yang dikembangkan di UNY merupakan unit layanan laboratorium Prodi Manajemen Pendidikan FIP UNY yang bertujuan melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah melalui pengadaan seleksi bakal calon kepala sekolah, pelatihan calon kepala sekolah, dan penguatan kepala sekolah yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Peberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

  1. LPDKS UNY adalah menghasilkan Kepala Sekolah yang unggul, kreatif, inovatif berbudaya Indonesia dan berwawasan global. Tujuan keberadaan LPDKS sendiri adalah (1) Melayani kebutuhan Dinas Pendidikan atau yayasan pendidikan untuk memperoleh calon kepala sekolah yang berkualitas, (2) Melayani kebutuhan Dinas Pendidikan atau yayasan pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kinerja kepala sekolah dan (3) mengembangkan keilmuan dan praksis kekepalasekolahan yang efektif. Jenis program yang diselenggarakan adalah Seleksi Substansi bakal calon kepala sekolah, Diklat Penyiapan calon kepala sekolah, Diklat Penguatan kepala sekolah dan pelatihan lainnya berdasarkan permintaan.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang layanan-layanan LPDKS UNY, masyarakat dapat langsung ke kantor sekretariatnya yang berada di Prodi Manajemen Pendidikan FIP UNY jalan Colombo Nomor 1 Yogyakarta, atau menghubungi Dr. Wiwik Wijayanti di telepon (0274) 550842 dan dapat juga beremail melalui lpdks@uny.ac.id. (rah/ant)