Soft Opening Laboratorium PAUD FIP UNY

Jurusan PAUD FIP UNY kini memiliki Laboratorium PAUD yang berlokasi di sebelah timur kampus FIP. Soft Opening dihadiri oleh Rektor bersama jajarannya serta Dekan dari seluruh Fakultas. Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. menegaskan bahwa gedung Laboratorium PAUD merupakan salah satu dari 12 gedung Islamic Development Banking (IDB) yang dibangun di seluruh lingkungan UNY. “Gedung ini berlokasi di FIP, akan tetapi gedung ini dapat dipergunakan oleh seluruh lingkup UNY” ungkap Sutrisna. Dalam sambutannya, Sutrisna mengucap syukur bahwa pembangunan sebagian besar gedung IDB di UNY telah selesai.

Pada acara Soft Opening ini, disemarakkan dengan Gamelan dari Mahasiswa PAUD, menghadirkan Pesinden dari Gugus 6 Desa Sokoliman Bejiharjo, Karangmojo Gunungkidul. Joko Pamungkas, M.Pd, selaku Kajur PAUD FIP UNY menjelaskan Visi Lab PAUD yaitu menjadi Laboratorium PAUD yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendikiaan pada tahun 2025. Laboratorium PAUD FIP UNY juga membuka pendaftaran peserta didik baru. “Kami menyebut sekolah laboratorium ini Kinanthinastiti, tentunya dengan fasilitas ruang kelas nyaman, memiliki halaman bermain dan memiliki Alat Peraga Edukasi yang lengkap.

Laboratorium PAUD UNY merupakan sarana pembelajaran bagi civitas akademika UNY dalam mengkaji dan mengimplementasikan keilmuan PAUD berbasis budaya melalui pendidikan, penelitian, pengabdian, dan layanan pada anak serta masyarakat secara umum. Laboratorium PAUD UNY terbagi atas tiga pusat pengembangan yaitu Pusat Penelitian (Research Center), Pusat Pembelajaran (Learning Center), dan Pusat Layanan Anak (Child Care Services). Laboratorium menjadi komponen penting dalam pembelajaran di perguruan tinggi sebagai sarana untuk memberikan gambaran dunia praktik pendidikan dan mewujudkan fungsi tridahrma perguruan tinggi. Laboratorium menjadi sarana pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan pada masyarakat oleh dosen maupun mahasiswa, tambah Joko lagi

Rektor UNY, secara simbolis memotong pita menandai dibukanya secara resmi Laboratorium PAUD. Kegiatan ini dibarengi dengan Seminar PAUD, lomba mewarnai tingkat PAUD dan Bazaar yang semuanya dikelola oleh Mahasiswa PAUD FIP UNY. Gedung yang memiliki 3 lantai ini dapat dipergunakan pula sebagai gedung pertemuan, disamping untuk proses belajar mengajar. Selanjutnya Rektor UNY dengan jajaran rektorat dan Dekanat berkeliling di Laboratorium PAUD. (jp/ant)