Bangun karakter Unggul dan Kolaboratif, Prodi BK selenggarakan Pelatihan Leadership Mahasiswa

Sabtu-Minggu (14-15 September 2019), bertempat di RK 13 lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dan Wisma Gajah Mada Kaliurang, PLM jurusan telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan ini merupakan salah satu program wajib yang harus diikuti oleh Mahasiswa Baru Bimbingan dan Konseling. PLM merupakan singkatan dari pelatihan Leadership Mahasiswa. Pada tahun 2019 PLM mengangkat tema “Terwujudnya Mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang Berkarakter, Unggul, dan Kolaboratif bagi Indonesia Jaya”, dengan tema tersebut diharapkan mampu menjadikan mahasiswa BK yang memiliki karakter baik, berprestasi dan mampu berkolaboratif serta bermanfaat dalam lingkup pendidikan kepada masyarakat secara umum dan BK pada khususnya, seperti yang sudah dijelaskan oleh M. Yusup selaku Ketua Panitia PLM tahun 2019, “acara pada hari ini diharapkan mampu memberikan tambahan wawasan tentang karakter mahasiswa yang baik, unggul dan kolaboratif untuk menyiapkan menuju kehidupan yang sesungguhnya”.

Acara PLM berlangsung dari hari Sabtu pukul 08:00 WIB dan berakhir pada hari Minggu pukul 14.00 WIB. Hari pertama dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan berupa pembukaan acara dan paparan dari pembicara. Setelah habis dzuhur dilanjutkan perjalanan menuju Wisma Gajah Mada Kaliurang. Acara dibuka oleh Siti Aminah, M.Pd., selaku dosen pendamping mahasiswa prodi BK, kemudian dilanjutkan paparan oleh Yuli Nurmalasari.M.Pd, selaku pembicara yang membahas tentang bagaimana seorang mahasiswa bisa memiliki karakter yang baik, unggul dalam bidang akademik maupun non akademik serta mampu menjadi mahasiswa yang berkolaboratif. Pemateri kedua Antonius Ian Bayu Setiawan, yang saat ini masih berstatus mahasiswa BK. Anton, menyampaikan tentang bagaimana kita mampu memanajemen diri terutama dalam waktu agar kita menjadi aktivis muda yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Acara juga diisi dengan sosialisasi kegiatan IMABKIN dan Bigfest HIMA PPB serta pemutaran video pendek karya mahaiswa baru. PLM ini diikuti oleh 87 mahasiswa baru dan 75 komponen PLM.

Kegiatan malam puncak PLM diisi dengan pensi. Acara berlangsung meriah, diawali dengan pembacaan puisi berantai kemudian menyalakan obor untuk api unggun dan pentas seni dari mahasiswa baru berupa dance, drama musical, tari tradisional, sitcom hingga paduan suara. Selain itu SC dan panitia juga ikut memeriahkan acara tersebut. Pada kegiatan Minggu pagi, diisi senam ceria dan sarapan bersama. Dilanjutkan outbond yang sudah dipersiapkan oleh SC sebagai kegiatan untuk lebih mengakrabkan. Setelah kegiatan Outbond selesai diadakan foto bersama dan pembagian juara dari film pendek, pemilihan Kang Mas dan Mbak Yu BK hingga pembagian dorprize. Kegiatan PLM 2019 berjalan lancar hingga akhir kegiatan. (Pit/diy)

Tags: