WORKSHOP DAN TOT BAHAN AJAR DIGITAL DI KALIMANTAN TIMUR

Fakultas Ilmu Pendidikan UNY bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalimantan Timur menyelenggarakan workshop dan Training of Trainer (ToT) pembuatan bahan ajar digital bagi guru-guru SMA/SMK/SLB yang dimulai dari hari Senin sampai dengan Jumat (18-22 Nov 2019). Kegiatan diikuti 52 orang guru SMA/SMK/SLB dari berbagai kabupaten/kota se-Kaltim dan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membuat bahan ajar digital yang nantinya bisa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Kegiatan workshop dan ToT ini dibuka langsung oleh kepala dinas pendidian Kaltim bapak Anwar Sanusi, M.Pd dan dihadiri juga oleh Dekan FIP UNY bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. Dalam sambutannya Dekan FIP menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalimantan Timur dan mengharapkan kerjasama dapat terus dibangun untuk kemajuan pendidikan di Kaltim pada khususnya. Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kaltim mengapresiasi baik kegitan tersebut dan berharap pada peserta dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh.

Bahan ajar digital merupan bahan ajar yang penting dikuasai oleh guru di era 4.0 yang mana sebagian besar bahan ajar kedepannya akan lebih dominan bahan ajar digital daripada yang bahan ajar cetak. Bahan ajar dalam bentuk digital memeng memiliki beberapa keunggulan seperti tampilan bisa lebih menarik, lebih dinamis dan dapat terhubung kebebagai sumber lain.

Pada kegatan workshop ini setiap peseta ToT ditargetkan menyelesaikan 3 bahan ajar digital dalam berbagai versi dan bentuk yaitu media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint-ispring, video pembelajaran dengan OBS (open broadcaster System) dan buku elektronik dengan flipbook tamplate.

Selama kegitan tampak peserta antusias dan berharap kedepannya ada program-program serupa yang dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu peserta berharap kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, karena kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan kopetensi guru.(den/rit)

Tags: