Orientasi Praktik Jurusan PLS tahun 2020

Prodi PLS FIP UNY menyelenggarakan kegiatan Orientasi Praktik Jurusan, Rabu, 29 Januari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membekali mahasiswa terkait matakuliah praktik lapangan. Hiryanto, M.Si., selaku penanggungjawab kegiatan ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa PLS angkatan 2017. Dalam paparanya, Hiryanto menyampaikan urgensi praktik lapangan dalam pencapaian profil lulusan PLS, ruang lingkup kegiatan praktik jurusan, output atau luaran kegiatan, serta tahapan pelaksanaan praktik jurusan.

"Output atau luaran kegiatan praktik jurusan ini adalah pertama, mahasiswa dalam kelompok membuat laporan pelaksanaan kegiatan praktik, kedua, mahasiswa diwajibkan membuat artikel ilmiah untuk dipublikasikan ke dalam jurnal, ketiga, mahasiswa diwajibkan membuat model/pedoman pembelajaran yang akan di-HAKI-kan, keempat, mahasiswa diwajibkan membuat dokumentasi video kegiatan praktik jurusan", tambahnya. Lebih lanjut, Hiryanto memberikan gambaran ruang lingkup praktik jurusan diantaranya praktik matakuliah pendidikan anak usia dini, pendidikan keaksaraan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keluarga, pendidikan kecakapan hidup dan pelatihan kerja, pendidikan kepemudaan, dan pendidikan usia lanjut.

Kegiatan praktik jurusan ini diikuti oleh mahasiswa pls semester 6 yang mengambil matakuliah praktik sekitar 78 mahasiswa. Adapun lokasi praktik jurusan tahun 2020 ini lembaga - lembaga yang melaksanakan kegiatan PLS, diantaranya, TBM Guyup Rukun Bantul, TBM Luru Ilmu Bantul, PKBM Mandiri Bantul, Desa Wisata Pentingsari, TBM Wijaya Kusuma, BBP3KS Yogyakarta, Kampung KB Kota Jogja, dan TBM Tanjung Pustaka Pengok. (Ririt)

Tags: