Tantangan dan Prospek PAUD di Masa Depan

Prodi PAUD FIP UNY menyelenggarakan Kuliah Umum di Awal Semester Gasal TA 2020/2021 ini dengan menghadirkan Narasumber Ibu Prof. Dr. Datin Mariani, dari University of Malaya, Malaysia, Selasa, 1 September 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Visiting Profesor Prodi PAUD. 

Prof. Datin memaparkan materi terkait dengan Tantangan dan Prospek Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Depan. "Ada beberapa tantangan dilihat dari beberapa faktor, pertama faktor sosial ekonomi, faktor finansial, sumber daya pembelajaran dan pengajaran belum memadai, rasio pemberian upah terhadap tenaga pengajar, terlalu banyak administrasi dokumen, kesulitan merektrut guru yang berkualitas, kesulitan berkomunikasi dengan orangtua, tidak banyak dukungan, tidak banyak sponsor (funding), dan lain - lain", ujarnya.

Terkait dengan prospek pendidikan anak usia dini, Prof Datin menambahakan ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pendidikan anak usia dini, diantaranya adalah sebagai administrator pendidikan anak usia dini, asisten advokat pendidikan anak usia dini, kepala sekolah paud, guru paud, asisten guru paud, kordinator kurikulum paud.

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan kuliah umum prodi PAUD FIP UNY. Sujarwo juga berpesan agar kita bersatu, bergandengan tangan, menyatukan potensi untuk melakukan perubahan. "Perubahan itu terjadi ketika kita melihat peluang dan tantangan. Saat ini kemampuan yang harus kita miliki adalah pertama kemampuan berpikir kritis, kemampuan membaca peluang, peluang apa yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ke depan. Kedua kemampuan berpikir kreatif, keitga jemampuan berkolaborasi, keempat kemampuan membuat networking, , ujar nya.

Kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa PAUD semester 1.3 dan 5, juga dosen dosen Prodi PAUD. (rit)

Tags: