Workshop Penyusunan SOP Kerjasama FIP UNY

Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, menyelenggarakan Workshop Penyusunan Standar Operasional Prosedur dan Database Kerjasama Fakultas Ilmu Pendidikan pada Jumat, 16 Oktober 2020, bertempat di Hotel Grand Cokro. Workshop dilakukan secara blanded (luring dan daring) yang diikuti oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Ketua Jurusan, Kabag dan Kassubag, Admin Jurusan serta Tim U2IK FIP UNY.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan berharap Fakultas secara umum dapat mengembangkan kerjasama fakultas dan program studi kedepannya serta dapat berbagi atau sharing mengenai kerjasama atau kemitraan yang disampaikan oleh pemateri.

Pemaparan materi ini disampaikan oleh Ibu Theodora Subyantoro, M.Si, Psikolog dari, Collaboration Center Manager, BINUS Global Directorate Binus University dan Ibu Debby Sonita Lubis dari International Mobility Academic Coordinator, Binus University.

Dora panggilan Ibu Theodora Subyantoro, menyampaikan collaboration atau kerjasama. “Di BINUS, di dalam setiap kerjasama mengacu kepada caturdarma yaitu Teaching, research, community development, dan self development”, paparnya. Dora menambahkan BINUS juga mengacu pada KPI (Key Performance Indikator) khususnya dalam Kerjasama, yaitu seberapa banyak kerjasama di skala internasional, nasional maupun industri. Kerangka Kerjasama di BINUS dimulai dari perencanaan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan kerjasama, menentukan target KPI, dan mengidentifikasi partner kerjasama. Setelah itu implementasikan dengan program, dan merekam kinerja pelaksanaan, kemudian mendokumentasikan kegiatan , mengevaluasi orientasi hasil dan menjaga hubungan dengan mitra - mitra.

Terkait dengan Database dan Report Kerjasama, Dora menjelaskan bahwa berdasarkan data MoU atau MoA, dijadikan dasar untuk melaksanakan kegiatan yang termaktub di MoA, kegiatan tersebut dijadikan bukti riil kerjasama. Setiap bulan dibuat laporan, kemudian laporan itu dievaluasi untuk melihat capaian kinerja Kerjasama berdasarkan target KPI Kerjasama.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Deby menyampaikan tentang SOP staf mobility BINUS. “Setelah MoU / MoA sudah diselesaikan oleh tim BINUS Global Directorate (BGD), lalu tim kami yang menindaklanjuti, berdisuksi dengan pihak jurusan atau fakultas, jika sudah ada kesepakatan, BGD membuat undangan untuk mitra , lalu melanjutkan membuat jadwal kegiatan untuk mitra yang akan datang ke BINUS. Setelah kegiatan berlangsung, tim kami juga melakukan feedback atau evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.”, paparnya.

Materi yang dipandu oleh Ibu Vinta A. Tiarani, Ph.D. selaku Ketua U2IK FIP UNY ini berjalan menarik. Kedua pemateri menyampaikan proses dan dinamika kerjasama yang dilakukan Binus University, serta pemaparan materi berjalan interaktif dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan diskusi dengan kedua pemateri.

Sesi selanjutnya, berlangsung workshop yang dipandu oleh Tim U2IK FIP UNY yang diikuti oleh Ketua Jurusan dan Admin Prodi. Workshop ini menyosialisasikan draft SOP yang sudah disusun oleh Bagian Kerjasama U2IK kepada pihak jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Draft yang disosialisasikan adalah draft SOP alur penyusunan naskah kerjasama di tingkat program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Sama dengan sebelumnya, banyak berlangsung diskusi antara tim U2IK dengan Ketua dan Admin Program Studi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Sehingga, banyak beberapa masukan yang ada untuk perbaikan SOP Kerjasama di Fakultas selanjutnya. Untuk selanjutnya, kegiatan penyusunan ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga diharapkan dapat menjadi produk SOP Kerjasama di lingkungan fakultas agar proses kerjasama dapat terkelola dan terdokumentasikan dengan baik pada database yang sudah disediakan. (fadl/rit)

Tags: