Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Kompetensi Kunci Sustainable Development di Pendidikan Tinggi: Refleksi Kritis Mata Kuliah Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD

By admin_fip | 11:42 AM WIB, Mon October 02, 2023

Pengembangan kompetensi utama dalam konteks pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di pendidikan tinggi menghendaki proses pembelajaran yang mempertimbangkan syarat- syarat budaya belajar baru yang berimplikasi pada tiga konsekuensi: (1) orientasi kompetensi, fokus proses pembelajaran terletak pada pencapaian kompetensi utama yang relevan sehingga memerlukan kerangka normatif untuk pemilihan kompetensi tersebut dengan cara yang sama; (2) orientasi masyarakat, pembelajaran terjadi dalam situasi kehidupan nyata yang mempertanyakan dan mengubah kehidupan masyarakat; dan (3) pemusatan individu, pembelajaran yang dilakukan individu dipandang aktif dalam konteks masyarakat.

Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD menjadi salah satu mata kuliah di Prodi S3 Pendidikan Dasar yang telah memfasilitasi mahasiswa dengan mempertimbangkan tiga konsekuensi di atas. Pengalaman pembelajaran bermakna yang menumbuhkan perilaku berkelanjutan dibahas dalam diskusi yang dikemas secara menarik dan bertujuan untuk memetakan secara konseptual teoretis topik-topik kajian terkini, diikuti dengan penyelidikan filosofis. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan teknologi informasi yang berpusat pada mahasiswa dengan berbagai latar belakang sosial budaya, berorientasi solusi, bertujuan memodelkan secara riil cara menciptakan solusi kritis dan kreatif mengenai ragam permasalahan sosial. Wawasan mahasiswa diperkaya dengan permasalahan lingkungan global, regional, nasional, dan lokal supaya mampu menganalisisnya melalui pendekatan siklus hidup yang tidak hanya berfokus pada dampak lingkungan, tetapi juga berimplikasi ekonomi dan sosial.

Tiga pilar pembangunan berkelanjutan, memberikan bentuk dan isi pembelajaran yang juga berkelanjutan (UNESCO, 2006). Pembangunan berkelanjutan menjadi titik temu antara masyarakat, lingkungan, dan ekonomi, serta dipahami sebagai entitas yang terpisah namun terhubung. Ketiga pilar ini menjadi topik kajian utama selama proses perkuliahan Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD. Dengan demikian, capaian pembelajaran mata kuliah mengedepankan tiga hasil belajar berikut: (1) pemahaman mengenai masyarakat sebagai institusi sosial yang berperan dalam perubahan, pembangunan, dan demokrasi, serta sistem partisipatif yang memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, membentuk konsensus dan menyelesaikan perbedaan; (2) kesadaran akan sumber daya dan kerapuhan lingkungan fisik serta dampak aktivitas dan keputusan manusia terhadapnya, dengan komitmen untuk mempertimbangkan permasalahan lingkungan dalam pengembangan kebijakan sosial dan ekonomi; dan (3) kepekaan terhadap batas dan potensi pertumbuhan ekonomi serta dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan, dengan komitmen tinggi untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan keadilan sosial.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Optimalisasi SDGs Quality Education melalui Media Board Game: Sebuah Analisis Kebutuhan Pengembangan Pribadi Sosial Siswa
    10/02/2023 - 10:31
  • UNIVERSITAS BIELEFELD JERMAN BERKOLABORASI DENGAN FIPP UNY MEMBAHAS KEADILAN PENDIDIKAN DEMI KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN INTERNATIONAL
    11/22/2024 - 21:03
  • FIPP UNY Raih Peringkat II DRPM Award 2023
    05/16/2023 - 14:10
  • Penjajagan Kerjasama FIPP UNY dengan Director of Adult Continuing Education and an academic in the School of Government & Politics at University College Cork, Ireland
    11/21/2023 - 16:10
  • Asesmen Lapangan S1 Bimbingan dan Konseling FIP UNY
    11/14/2022 - 13:24
  • Mengembangkan Potensi Mahasiswa Doktor UNY melalui Mata Kuliah Pengambilan Keputusan Strategis untuk Meningkatkan Pendidikan Berkualitas sesuai Tujuan SDGs
    10/02/2023 - 14:04
  • Mahasiswa S2 PNF Berbagi Ilmu Digital Marketing kepada Masyarakat Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 11:29
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)
    10/02/2023 - 10:21
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY