Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

PENGEMBANG EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN: MODEL EKSARAM, TEROBOSAN BARU UNTUK SEKOLAH RAMAH ANAK

By admin_fip | 8:04 PM WIB, Tue December 03, 2024

Yogyakarta – Dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih ramah dan inklusif bagi anak-anak, Dr. Riana Nurhayati, dosen dan peneliti dari Departemen Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mengembangkan Model Evaluasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (EKSARAM). Model ini hadir sebagai solusi baru untuk menilai keberhasilan penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA) di tingkat sekolah dasar.

EKSARAM dirancang berdasarkan lima komponen utama: kebijakan, lingkungan fisik, kesejahteraan psikososial, partisipasi anak, dan hasil belajar. Pendekatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi, tetapi juga memberikan rekomendasi strategis guna menciptakan sekolah yang benar-benar mendukung tumbuh kembang optimal siswa.

Apa yang Membuat EKSARAM Berbeda?

  1. Evaluasi Multidimensi : Model ini mencakup berbagai aspek penting dari lingkungan fisik hingga partisipasi siswa dalam satu kerangka yang terintegrasi.
  2. Berbasis Data : Analisis yang dihasilkan menggunakan bukti nyata untuk membantu sekolah dan pemangku kepentingan memperbaiki kebijakan.
  3. Fokus pada Anak : Menempatkan kesejahteraan dan suara anak sebagai prioritas utama dalam evaluasi.
  4. Skalabilitas Tinggi : Fleksibilitas indikator dalam model ini memungkinkan penerapannya di berbagai konteks sekolah dasar.
  5. Mendorong Perubahan Nyata : Dengan pendekatan komprehensif, EKSARAM menawarkan rekomendasi strategis yang dapat diterapkan langsung untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, inklusif, dan berdaya.

“Model ini tidak hanya berfokus pada keberhasilan kebijakan, tetapi juga pada dampaknya terhadap kenyamanan dan keamanan siswa. Dengan data yang terstruktur, kami berharap dapat memberikan panduan praktis bagi sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka,” ujar Dr. Riana.

Penelitian yang dipelopori oleh Dr. Riana ini menjadi langkah penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai ramah anak ke dalam kebijakan pendidikan di Indonesia. EKSARAM membuka jalan bagi sekolah-sekolah untuk tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga melampaui ekspektasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang benar-benar inklusif dan memberdayakan.

Melihat Masa Depan Sekolah Ramah Anak
Dengan EKSARAM, harapannya sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan evaluasi berbasis data ini untuk menciptakan perubahan yang nyata dan berkelanjutan. Inovasi ini membuktikan bahwa pendidikan ramah anak bukan hanya sebuah konsep, tetapi juga sebuah kebutuhan mendesak bagi generasi masa depan.

Berita

  • Bangun Karier, Perkuat Kolaborasi: Ajakan untuk Mahasiswa FIP UNY
    08/25/2025 - 10:06
  • FIP UNY Jalin Kolaborasi Penelitian Internasional dengan King Abdulaziz University
    11/05/2025 - 08:56
  • Pemberdayaan Perempuan Desa: Ibu-Ibu PKK Terbah Didorong Jadi Mompreneur Mandiri
    09/09/2025 - 16:16
  • Satu Jam tiga puluh menit dengan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.
    02/21/2022 - 10:37
  • Lapangan Hijau FIP UNY Jadi Ruang Edukatif dan Ekologis di Tengah Gedung Perkuliahan
    09/26/2025 - 11:26
  • Mahasiswa Nabire Adi Buana Surabaya Belajar Media Pendidikan di FIP UNY untuk Majukan Daerah
    09/25/2025 - 12:08
  • FIP UNY dan UNIPA Surabaya Teken Komitmen Bersama dalam Kunjungan KKL Mahasiswa S2
    07/28/2025 - 13:11
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28
  • Bimbingan dan Konseling Berbasis Komunitas dalam Upaya Mendorong Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 10:55
  • Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure
    10/02/2023 - 08:35

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY