Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Pelatihan Bagi Pendidik Anak Usia Dini: Penguatan Karakter Anak Berbasis Social Awareness dalam Rangka Meningkatkan Karakter Religius dan Peduli Sosial Bagi Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Jebus

By admin_fip | 11:32 AM WIB, Mon October 02, 2023

Pendidikan Luar Sekolah yang merupakan salah satu progran studi di Universitas Negeri Yogyakarta menerjunkan mahasiswanya dalam melaksanakan praktik pendidikan. Mata kuliah praktik ini ialah praktik inovasi program pembelajaran yang diampu oleh dua Dosen yaitu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd dan Dr. Hiryanto, M.Si. Program praktik ini bertujuan agar mahasiswa dapat melaksanakan dan terlibat langsung dengan program-program PLS yang sudah dirancang selama proses pembelajaran di kampus.

NUr Shoumi Azifah Azka, salah satu mahasiswa yang melaksanakan mata kuliah praktik ini mengambil fokus pada pelatihan yang ditujukan kepada para pendidik PAUD terutama di TK negeri Pembina Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung, Pelatihan ini mengangkat program penguatan karakter anak berbasis social awareness dalam rangka meningkatkan karakter religious dan peduli sosial bagi anak usia dini. kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan dengan 2 kali pnyampaian materi dan 3 kali praktik langsung dengan anak usia dini. Peserta pelatihan terdiri dari 7 orang yang terdiri dari guru kelas, guru pendamping, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di TK Negeri Pembina Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung.

Latar belakang diadakannya program pelatihan ini ialah kurangnya penguatan karakter di sekolah yang ditujukan dengan banyaknya anak usai dini yang masih memiliki sikap yang kurang sopan terhadap guru dan teman sebayanya. Contohnya ketika terjadi pertengkaran dengan teman sebayanya anak-anak sering menyebutkan kata-kata kotor. Selain itu,masih banyak anak-anak yang mengolok-olok gurunya, bahkan hingga menerjaki gurunya, Hal ini bukan hanya pihak sekolah yang kurang menguatkan pendidikan karakter bagi anak, namun pengaruh lingkungan sosial anak di rumah juga dapat mempengaruhi karakter anak usia dini hingga di sekolah, Jika hal ini terus berlanjut, takutnya akan berdampak pada anak-anak lain yang ada di sekolah, Dengan permasalahan tersebut Shoumi bermaksud mengadakan pelatihan kepada pendidik cara menguatkan karakter anak terutama berbasis social awareness agar anak juga lebih peka terhadap lingkungan sosialnya. Dalam pelatihan tersebut Shoumi juga mengusulkan program-program yang dapat mengembangkan karakter yang baik bagi anak, seperti program sholat dhuha, pembacaan asmaul husna, sholawat bersama, dengeng kisah nabi, jumat berbagi dan kegiatan parenting dalam rangka penguatan karakter anak.

Program pelatihan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak usia dini untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menumbuhkan karakter yang baik pada anak. Anak yang memiliki karakter yang baik akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, sehingga meingkatkan kualitas manusia yang dalam jangka Panjang dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Karakter pelatihan berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang baik bagi guru. "Alhamdulillah, saya jadi lebih paham dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi tentang penguatan karakter ini teruatama saya juga memiliki anak-anak yang masih usia dini. Jadi bisaditerapkan juga di rumahkarena emang selama ini di sekolah kita jarang melaksanakan program-program yang berbasis sosial. walaupun memang pendidikan karakter juga sudah kita selipkan dalam setiap pembelajaran di kelas, tapi karakter religius dan peduli sosialnya memang belum kita tekankan seperti karakter lainnya" ujar Ibu Rosida Handayani selaku Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Jebus. Selain itu, orang tua jug amengaku puas dengan diterapkannya program penguatan karakter ini, "Iya mbak, sekarang Rehan itu selalu mengingatkan saya sama bapaknya untuk sholat dhuha di rumah. Sekarang malah lebih sering minta dibacakan dongeng tentang nabi, Dan udah jarang juga marah-marang kalau tidak dikasih HP" ucap salah satu orang ketika ditanya perkembangan tentang anaknya selama mengikuti program penguatan karakter yang di terapkan oleh sekolah.

Shoumi berharap dengan adanya pelatihan ini, pendidik dapat menciptakan ide-ide lain dalam mengembangkan karakyer yang baik bagi anak usia dini, dan harapan Shoumi terhadap program yang diusulkan dapat memberikan gambaran kepada anak tentang konsep berbagi dan konsep beribadah. Selain itu, harapannya agar program ini dapat berjalan dengan konsisten hingga tahun-tahun berikutnya terutama dalam menunjang penguatan karakter anak usia dini. (NSA)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Mata Kuliah Kesejahteraan Anak dan Remaja untuk Membangun Anak dan Remaja Indonesia yang Sejahtera
    10/02/2023 - 13:35
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07
  • Prof. Dr. Mumpuniarti, M.Pd, Was Confirmed as Professor of Intellectual Barrier Education
    05/19/2022 - 08:57
  • Penandatanganan Kerjasama Implementasi Program Visiting Profesor dari Queensland University of Technology, Australia di FIPP UNY
    06/19/2024 - 15:44
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • KMMD FIP UNY GELAR PELATIHAN PADA MASYARAKAT GIRIPURWO
    04/01/2022 - 10:26
  • PELANTIKAN ORMAWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNY 2024: Membuka Babak Baru Kepemimpinan Mahasiswa
    01/23/2024 - 11:38
  • Audiensi Edelweiss School dengan FIPP UNY Bahas Program Beasiswa Edelweiss
    03/06/2024 - 14:08
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY