FGD Penyusunan Road Map Pengembangan FIP UNY 2021 - 2025

Fakultas Ilmu Pendiikan UNY menyelenggarakan FGD Penyusunan Road Map (Peta Jalan) Pengembangan FIP UNY tahun 2021 - 2025, Senin - Selasa, 14 - 15 Desember 2020, di Hotel Grand Tjokro Klaten. 

Turut hadir, Dekan, Wakil Dekan, dan tim pengembang Renstra FIP UNY. Dalam arahannya, Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd, menyampaikan indikator kerja utama (IKU) perguruan tinggi. "Pertama, lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, kedua, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, ketiga, dosen berkegiatan di luar kampus, keempat, praktisi mengajar di dalam kampus, kelima, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, keenam, prodi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, ketujuh, kelas yang kolaboratif, dan partisipasif, kedelapan, prodi berstandar internasional", paparnya. 

Terkait program unggulan 2021 UNY, lanjut Sujarwo, dalam bidang akademik, UNY menetapkan konsep ASTA KRIDA, yaitu pertama peningkatan keterlibatan dosen dengan dunia usaha dunia industri, kedua peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi, ketiga peningkatan kualitas input mahasiswa, keempat peningkatan kurikulum dan pembelajaran, kelima peningkatan kualitas dosen, keenam penguatan kelembagaan akademik dan akreditasi, ketujuh peningkatan kompetensi lulusan,dan kedelapan cyber campus.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd, juga turut hadir dan menyampaikan arahan. 'Kita harus mengacu kepda SDG, jangan lupa kita ada di tahapan 4 RPJP UNY, harus go internasional. Program kegiatan, cara berpikirnya juga mengacu pada hal tersebut", paparnya. "Kita disini sama sama bekerjasama, masing masing kelompok dan nanti kita plenokan", lanjut beliau.

Dalam kesempatan yang sama, FIP UNY menghadirkan narasumber  Dekan FKIP UNS, Bapak Dr. Mardiyana, M.Si, secara online untuk memberikan gambaran pengembangan FKIP  UNS. Dalam paparannya, Mardiyana menyampaikan terkait dengan Indikator Kerja Utama, capaian 2020, dan target 2021, Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, bentuk kegiatan yang bisa dikerjasamakan dalam merdeka belajar kampus merdeka.

Kegiatan FGD penyusunan Road Map (Peta jalan) ini diharapkan mampu menjadi peta bagi perjalanan FIP 5 tahun mendatang. (rit)