Kolaborasi PGSD FIP dan PKNH FIS serta S2 PKn PPs UNY Selenggarakan Pameran Media Pembelajaran PKn

Prodi PGSD FIP UNY melakukan kolaborasi dengan prodi PKNH FIS dan Prodi S2 PKN UNY. Adapun wujud kolaborasi kegiatan dalam bentuk pameran media pembelajaran PKn dan Talskhow Inovasi Media Pembelajaran PKn dengan tema Joyfull Learning dalam Pembelajaran PPKn di Era Revolusi Industri 4.0. di Ruang Aduitorium UNY, Kamis, 9 Januari 2020.

Talkshow tersebut menghadirkan Prof. Dr. Abdul Gafur D, M.Sc. Guru Besar Emiritus FIS UNY dengan menyampaikan materi terkait media pembelajaran PKN di Era Industri 4. 0. Dalam paparannya, beliau menerangkan terkait dengan konsep media sebagai perantara pesan, rational use of media, informasi masuk melalui media panca indra, landasan teoritik, fungsi media secara spesifik, klasifikasi media, dan di akhir paparannya, beliau menyampaikan peranan media di jaman now.

Narasumber kedua adalah Ibu Nurokhmah, M.Pd. (Pemenang Anugerah Konstitusi Juara 3 Nasional Jenjang SMA/MA/SMK 2018. Guru PPKn MAN 3 Bantul DIY dan SMK Insan Mulia Yogyakarta. Di awal paparannya, Nurokhmah menyampaikan bagaimana memahami siswa, bahwa ada 3 perspektif dalam memahasi siswa yaitu Generasi X – Busters, Geberasi Y- Millennials, Generasi Z-Penguasa Digital. Selanjutnya beliau menjelaskan terkait permasalahan pembelajaran PPKN, dan memberikan strategi pemecahan masalah pembelajaran PPKN, yaitu bisa dengan memanfaatkan media pembelajaran baik berupa digital maupun non digital, serta metode pembelajaran yang menggugah siswa.

Pemateri ketiga yaitu Bapak Agung Rahmanto, M.Pd. (Kepala SD Muh. Sapen, Kepala SD Berprestasi Nasrional 2019). Agung menyampaikan materi tentang Media Pembelajaran dalam Pengembangan Karakter Siswa.

Kegiatan pameran dan talkshow ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. Dalam sambutannya, Anik mengapresiasi kegiatan ini. “Tema kegiatan ini sangat menarik mengingat saat ini di era revolusi industry 4.0 pembelajaran dituntut untuk bisa lebih menarik dan menyenangkan, sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan lebih berkesan di peserta didik”, ujarnya.

Kegiatan ini juga menampilkan hasil karya mahasiswa beruapa media pembelajaran PKn yang terdiri dari 72 media pembelajaran, terdiri dari 2 kategori yaitu media pembelajaran PKN untuk SD, dan media pembelajaran untuk SMP dan SMA. Beberapa media pembelajaran ini diantaranya adalah Kupu Ramah (Kubus Puzzle Peraturan di Rumah), Sp2 (Spelling Puzzle Sila Pancasila), Smart Pinball, Kue Ulat Bertingkat (Ular Tangga 3 Dimensi) Laga Beku (Ular Tangga Keberagaman Suku), Puzzle Persatuan, MEPETI ((Minieatur Peta Tiga Dimensi), Pop UP Book Sitampan (SIla Pertama Pancasila), KHJ (Kerangnjang Hak dan Kewajiban), dan lain lain. (Ririt)

Tags: