Paper Camp

Paper camp menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan animo dosen FIP dalam penyusunan artikel ilmiah yang mengarah pada submit jurnal bereputasi. Sisi lain, pelaksanaan paper camp ini dilakukan guna mendukung kenaikan pangkat dosen.

Kegiatan paper camp diadakan oleh tim jurnal di bawah koordinasi dari wakil dekan bagian akademik dan kerjasama pada tanggal 16 hingga 23 Oktober 2020 di Ruang Sidang 1 FIP dengan tetap menaati protokol kesehatan. Peserta dalam paper camp sejumlah 10 orang dosen FIP dengan cara mengisi link pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia, kemudian peserta mengirimkan artikel yang telah mencapai kurang lebih 80% siap submit untuk dibedah dalam acara tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bahwa artikel yang dibedah dapat mengarah pada submit jurnal bereputasi.

Kegiatan paper camp berisikan dua materi utama. Materi yang pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd. mengenai standar manuscript internasional journal. Materi selanjutnya disampaikan oleh Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D. yang membahas tentang submmision procedure international journal.

Pada pelaksanaan kegiatan paper camp ini diluar ekspektasi dari panitia, dimana antusias peserta ternyata sangat tinggi yang menyebabkan banyak peserta tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut karena kuota yang tersedia telah penuh. Keluhan lain muncul dari peserta yang menyatakan bahwa merasa kurangnya waktu dalam berdiskusi mengenai publikasi internasional. Tingginya antusias dosen FIP dalam mengikuti acara tersebut, maka rencananya akan diadakan kegiatan paper camp secara rutin. (shelvia/asfarina)

Tags: