Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Skripsi Online di FIP UNY

Rabu (6/2) Untuk memudahkan mahasiswa dalam penyusunan skripsi, bidang akademik FIP membuat terobosan yaitu meluncurkan situs SIMSOn (Sistem Informasi Manajemen Skripsi Online). Sebagai langkah awal yaitu dilaksanakannya pelatihan bagi dosen-dosen FIP UNY yang akan difollow up sosialisasi ke mahasiswa. Pelatihan yang dibuka oleh Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. ke depannya akan memberikan kemudahan konsultasi skripsi baik pada dosen pembimbing maupun pada mahasiswa. Dalam menu situs tersebut ada opsi seperti alur pengajuan skripsi, alur pengajuan ujian, pencarian skripsi, usulan skripsi, pengisian bab skripsi, mailbox dll. Adapun pada menu dosen pembimbing terdapat menu “pengenalan terhadap plagiarisme” yaitu mendeteksi prosentase kesamaan kalimat  pada setiap bab nya. Apabila prosentase mencapai 20% dosen akan segera mengkomunikasikan pada mahasiswa untuk segera merevisi atau menunjukkan bukti apabila tidak melakukan plagiarisme.

Pelatihan ini dilaksanakan di Lab Komputer FIP, dengan tutor Andika dan Rizal dari PT. Rabiha Pilar Informatika sebagai pembuat Sistem Informasi Manajemen Skripsi Online. Selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis (6-7 Februari 2013), pelatihan ini sudah mencakup semua dosen FIP UNY dari 7 jurusan. Diharapkan dengan adanya fasilitas situs ini, mahasiswa dapat memotong waktu dalam menyusun skripsi karena tatap muka bisa berkurang. Konsultasi dapat dilakukan lewat system mailbox dan memo, meskipun mahasiswa tetap harus berinteraksi dengan tatap muka dengan dosen pembimbing ungkap Banu Setyo Adi, M.Pd sebagai salah satu peserta pelatihan.

Untuk sementara system ini masih tertutup hanya terbatas untuk sosialisasi saja, kedepannya akan dilaunching secara resmi untuk bisa diakses dosen dan mahasiswa FIP. SIMSOn ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mempersingkat masa studi mahasiswa FIP UNY. (ant)