Peluang Kerja Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Senin (11/9) Jurusan PLS FIP UNY mengadakan Studium General yang bertajuk Peluang Lulusan PLS di Sektor Formal. Kegiatan ini menghadirkan Alumni PLS tahun 1986, Drs. Tri Karyadi, S.H., M.Si. yang kini menjabat Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya UMKM Disperindakoptan Kota Yogyakarta. Acara yang diadakan di Ruang Sidang Rektorat UNY ini dibuka oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. Acara ini sebagai pemicu motivasi para mahasiswa yang mendekati lulus atau semester akhir agar bisa berperan di sektor Formal (dalam pemerintahan).

Dalam pemaparannya, Karyadi menjelaskan bahwa terdapat lulusan PLS yang bekerja beberapa Instansi di Pemkot Yogyakarta antara lain Dinas KB dan pengendalian kependudukan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, dan Diskop UKM Nakertrans. Adanya moratorium pada tahun 2010 sangat berpengaruh pada jumlah pegawai yang bekerja di lingkungan Pemkot DIY. Disamping itu, Karyadi menjelaskan trik-trik yang mempermudah jobseeker dalam mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti kartu kuning, SKCK dan lain sebagainya.

Di acara yang diadakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY ini, Karyadi menjelaskan bahwa Lulusan PLS dapat berkarir di Instansi Pemerintahan tingkat pusat seperti Dirjen Pendidikan Formal dan Non Formal (PNFI), Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Pamong Belajar/Birokrasi Di Pusat Pengemb. Pend. Non dan Inf. (P2-PNFI), Guru PAUD yang tersebar Di seluruh Pelosok Wilayah Indonesia, Pengelola dan Instruktur Di Pusat Kegiatan Belajar Masy. (PKBM) atau sebagai Pekerja Sosial di Depsos Pusat maupun Wilayah.

Akan tetapi lulusan PLS memiliki peluang lain yaitu wirausaha. “Bagaimana kalau mind set Jobseeker diubah menjadi Job Creator?” ujarnya di depan 300 Mahasiswa PLS angkatan 2015-2017. Karyadi mengungkapkan bahwa Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi akan lebih diprioritaskan untuk menyiapkan lulusan agar mampu hidup mandiri, berkreasi dan memanfaatkan Iptek. Ini sebagai pemecah tingginya angka pengangguran terdidik karena orientasi mereka sebagai Pencari Kerja (jobseeker). (anfip)