Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

WORKSHOP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

By admin-fip | 10:27 AM WIB, Tue November 15, 2011

Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus menyelenggarakan workshop pengembangan pembelajaran berbasis e-learning bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Acara ini dihadiri oleh para guru SLB, guru sekolah inklusi serta guru anak akselerasi atau CIBI (Cerdas Isrimewa dan Berbakat Istimewa) di wilayah Yogyakarta dan dibuka secara resmi oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, MA.  Bertindak sebagai pembicara yaitu Dr. Ishartiwi, Edi Purwanta, M.Pd., Kuswari Herawati, M.Kom., Endang Supartini, M.Pd., Ariyawan Agung Nugroho, S.T.
Kuswari Herawati, M.Kom dari Pusat Komputer UNY menguraikan tentang e-learning untuk ABK.  Desain e-learning bagi ABK dimodifikasi sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki oleh ABK, misalnya untuk anak tunanetra maka bentuk e-learning berbentuk taktual dan bersuara misalnya pearngkat lunak screen reader Thunder yang digunakan untuk mengubah teks pada layar menjadi suara atau pengunaan keyboard Braille. Sedangkan bagi tunarungu, e-learning didesain menggunakan bahasa isyarat sebagai interfacenya baik dalam bentuk video atau simbol gambar-gambar ekspresi sebagai isyarat. Tampilan e-learning diupayakan menarik dan eye cathing. Salah satunya adalah program I-CHAT (I Can Hear And Talk) yang terbagi dalam 5 modul yaitu modul kamus, modul isyarat abjad jari, modul isyarat bilangan, modul tematik dan modul menyusun kalimat.  Selanjutnya, e-learnimg bagi tunadaksa dapat didesain sebagaimana e-learning pada umumnya, hanya saja pegoperasian perangkat e-learning lainnya memerlukan bantun orang lain. Misalnya menggunakan vitual keyboard yang memungkinkan siswa hanya menggunakan mouse untuk mengetik dan melakukan aktivitas lain di komputer. Adapun strategi e-learning untuk tunagrahita dan tunalaras dapat mrnggunakan video atau animasi yang menarik diantaranya penggunaan suara lembut untuk memberikan arah, putar musik lembut sebagai backsound, gunakan urutan gambar sebagai petunjuk melakukan sesuatu.
Dr. Ishartiwi, dosen PLB FIP UNY menambahkan bahwa kebutuhan pembelajaran ABK adalah kebutuhan akan pengalaman onkret, kebutuhan akan pengalaman memadukan dan kebutuhan akan berbuat dan bekerja dalam belajar. Oleh karena itu penyusunan e-learning bagi ABK diharapkan tidak melupakan prinsip belajar tersebut, karena bagaimana pun fungsi e-learning adalah sebagai komplemen pembelajaran konvensional. Pembekalan tentang e-learning perlu diberikan kepada para guru dan tenaga kependidikan karena e-learning dapat mengatasi masalah rendahnya rasio pengajar dan siswa, fleksibilitas pelaksanaan pembelajaran, enrichment proses pembelajaran, dan kemungkina perluasanlayanan pendidikan.

Berita

  • Sosialisasi HKI untuk Dosen dan Mahasiswa FIPP UNY
    05/31/2023 - 10:25
  • Kontribusi Matakuliah Sekolah dan Masyarakat S2 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 08:50
  • Wakil Dekan RKSIU FIPP UNY Berikan motivasi Masuk Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA MTA Surakarta
    12/13/2023 - 14:42
  • Jembatan Penghubung FIP dan Fakultas Psikologi UNY: Simbol Aksesibilitas dan Sinergi Kampus
    08/21/2025 - 16:03
  • Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi Melakukan Kunjungan Ke Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta
    02/17/2023 - 14:53
  • Proyek Literasi Mahasiswa PAUD FIPP UNY: Strategi untuk meningkatkan Literasi di Indonesia
    10/02/2023 - 13:44
  • Bimbingan dan Konseling Berbasis Komunitas dalam Upaya Mendorong Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 10:55
  • Mahasiswa S2 PNF Berbagi Ilmu Digital Marketing kepada Masyarakat Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 11:29
  • Sosialisi HKI dan Hak Paten bagi Mahasiwa dan Dosen FIP UNY
    02/19/2022 - 09:59
  • FIPP UNY Raih Peringkat II DRPM Award 2023
    05/16/2023 - 14:10

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY