Workshop Percepatan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Prodi PG PAUD Tahun Angkatan 2012

Selasa, (16/6) Program Studi PG PAUD FIP UNY menyelenggarakan acara workshop percepatan tugas akhir skripsi. Acara yang diselenggarakan di Abdullah Sigit FIP UNY pada pukul 08.00-11.00 WIB ini adalah salah satu program kerja Prodi PG PAUD FIP UNY yang diikuti oleh mahasiswa PG PAUD tahun angkatan 2012. Acara ini diharapkan mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah yang sedang berkembang dalam ruang lingkup PAUD dan dapat meningkatkan pengetahuan  para mahasiswa PG PAUD tentang penyusunan tugas akhir skripsi sehingga tidak ada tindakan plagiatrisme dalam penyusunan tugas akhir skripsi tersebut.

Acara percepatan tugas akhir skripsi yang dinarasumberi oleh Joko Pamungkas, M.Pd dan Amir Syamsudin, M.Ag. Secara umum Joko Pamungkas, M.Pd. memaparkan tentang “Strategi Percepatan Masa Studi Mahasiswa PG PAUD FIP UNY”. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa dalam membuat konsep dalam penyusunan  tugas akhir skripsi antara lain  pemetaan bulan, agenda dan target yang harus dilakukan oleh mahasiswa dimulai dari observasi lapangan pada saat kegiatan PPL I sampai selesai pengambilan data.

Penyampaian materi selanjutnya dari Amir Syamsudin, M.Ag. yang membahas tentang “Penelitian Pendidikan” meliputi prosedur penelitian yaitu dari adanya masalah “UNIK” yang perlu diungkap penyebab peristiwanya, membatasi dan merumuskan masalah “UNIK” secara jelas, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, mengkaji pustaka yang relevan dengan masalah “UNIK” tersebut, merancang kerangka pikir dan pertanyaan penelitian, menentukan metode pengambilan data yang cocok dengan jenis subjek yang diteliti, mengumpulkan data seperti administrasi data, tabulasi data, analisis data dengan teknik analisis statistik yang cocok, dan melaporkan hasil penelitian tersebut. Selain itu juga dijelaskan tentang konsistensi skripsi, penelitian deskriptif, penelitian ex-postfacto,  penelitian eksperimen dan penelitian tindakan kelas  (PTK). Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk lebih memperjelas pemahaman mahasiswa dalam menulis tugas akhir. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari para mahasiswa nampak terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan.(wil/ant)