Yala Rajabhat University, Thailand Persiapkan Joint Research dan Sit In di Universitas Negeri Yogyakarta

Rabu (8/5) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta menyambut kunjungan Yala Rajabhat University (YRU), Thailand. Dalam kunjungan yang difasilitasi oleh Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY ini, delegasi YRU yang dipimpin oleh Kessaree Ladlia, Dekan Faculty of Education YRU, mendiskusikan beberapa hal tentang kerja sama yang akan dicanangkan oleh kedua fakultas di kedua universitas tersebut. Agenda kunjungan tersebut dibuka dengan sepatah kata dari Kessaree Ladlia. “Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan UNY, dan tujuan kunjungan kami hari ini adalah untuk mendiskusikan rencana untuk mengadakan joint research dan pertukaran mahasiswa, juga mendiskusikan rancangan Memorandum of Understanding yang akan segera ditandatangani,” paparnya.

Agenda kunjungan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Dr. Sugito, M.A., Wakil Dekan I FIP UNY. Beliau menyambut rencana YRU untuk mengirimkan enam mahasiswanya guna mengikuti program sit in dalam rangkaian kegiatan pertukaran mahasiswa di fakultasnya. Menurut Kamolrat Kanongdate, Ketua Bidang Kurikulum dan Pengajaran YRU, keenam mahasiswa tersebut terdiri dari empat mahasiswa program studi Pendidikan Anak Usia Dini dan dua mahasiswa program studi Psikologi dan Pendidikan Konseling. Sementara itu, program sit in sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan 30 Mei 2013. Di samping program yang bertujuan untuk berbagi pengalaman akademik mahasiswa tersebut, kedua universitas juga akan mengadakan sebuah program pertukaran budaya di mana mahasiswa dari kedua universitas, mewakili kebudayaan Indonesia dan Thailand, akan berkolaborasi dalam sebuah pertunjukan seni dan budaya.

Kanongdate juga mengusulkan untuk diadakan program joint research antara kedua universitas. Beliau mengapresiasi UNY sebagai  rekan yang baik dan yakin bahwa YRU akan dapat belajar berbagai macam pengetahuan dari universitas ini. Oleh karena itu, UNY merupakan rekan yang sempurna untuk melaksanakan sebuah program joint research. Terkait dengan program ini, beliau juga menjelaskan bahwa tiga dosen dari Faculty of Education, YRU akan berkolaborasi dengan dosen-dosen FIP UNY. Penelitian tersebut terdiri dari dua macam topik, yaitu pendidikan anak usia dini dan evaluasi pengukuran. Dalam sesi diskusi tersebut, tiga pembicara dari YRU juga mempresentasikan tiga proposal penelitian mereka untuk kemudian mendiskusikan kemungkinan kerja sama. Setelah itu, peserta dari FIP UNY memberikan feedback, saran, dan pertanyaan atas presentasi tersebut.

Agenda yang terakhir adalah diskusi rancangan MoU antara kedua universitas. Akhirnya, agenda ditutup dengan pertukaran cendera mata dan foto bersama. (hr/ant)