Academic Collaboration Visit to the Faculty of Education, Srinakharinwirot University, Thailand

Setelah UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) membawa konsekuensi peningkatan kebutuhan untk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kerja sama dapat dipandang sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas kelembagaan. UNY telah menjalin kerja sama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. Sebagai payung hukum dan legalitas dari bentuk kerja sama UNY dengan mitra, telah disusun Memorandum of Understanding (MoU) (atau Naskah Kerja Sama) dan Memorandum of Agreement ( M A ) (atau Perjanjian Kerja Sama).

Pada tahun 2023, UNY memfokuskan kepada output excellency and networking: keunggulan luaran hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya dalam bentuk prestasi mahasiswa, publikasi ilmiah, dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tahapan yang direncanakan untuk tahun 2023 sangat sesuai dengan kegiatan ini untuk memperkuat dan mengembangkan jejaring UNY dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Mitra lainnya

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta sebagai satu bagian dari UNY terus berupaya meningkatkan kersama dengan pergurua tinggi di luar negeri, salah satunya dengan Srinakharinwirot University. Sebagai langkah awal kerjasama ini dilakkan Kunjungan Kolaborasi Akademik FIPP ke Faculty of Education,

Srinakharinwirot University, Thailand, 24-27 Mei 2023. Delegasi ini terdiri dari Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd., Dwi Esti Andriyani, Ed.D., Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd., Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd., Dr. Entoh Tohani, M.Pd., Aris Suharyadi, M.Pd., dan Sugiri, S.IP.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperluas kerjasama yang telah terjalin antara kedua universitas sebelumnya di tingkat universitas. Melalui kunjungan ini, diharapkan kerjasama dapat diperluas ke tingkat fakultas dan departemen, sehingga mencakup berbagai kegiatan yang lebih luas dan beragam.

Kegiatan kunjungan ini berupa diskusi tentang program studi, kurikulum, dan metode pembelajaran, menjelajahi fasilitas-fasilitas seperti ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium pendidikan. topik pembicaraanya lainnya seperti pertukaran mahasiswa dan staf akademik baik secara online maupun tatap muka, konferensi internasional bersama, dan penelitian bersama. Peluang magang dan kerjasama dengan industri juga didiskusikan, termasuk persyaratan, jadwal, dan manfaat magang di masing-masing universitas. (niz/rit)