Dukungan Kuliah Penulisan Karya Ilmiah Untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals/SDG’s atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Bunyi pernyataan tujuan nomor 4 SDG’s adalah “ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all’, yakni memastikan pendidikan inklusif disertai kualitas yang merata dan mempromosikan kesempatan pendidikan sepanjang hayat bagi semua orang. Mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah pada program studi Sarjana Manajemen Pendidkan menjadikan mahasiswa kompeten menulis karya ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa sehingga menghasilkan sebuah karya tulis yang berkualitas dengan cara yang benar. Mata kuliah ini membahas jenis-jenis karya ilmiah, cara menyusun karya tulis dan mempraktikkan penyusunan karya tulis. Strategi kuliah meliputi paparan, diskusi, bedah buku/artikel, praktik membuat elemen-elemen dalam karya tulis ilmiah serta evaluasi mandiri dan evaluasi teman sebaya. Evaluasi dilakukan melalui tugas praktik, diskusi, keaktifan dalam perkuliahan, dan proyek membuat karya tulis.

Pelaksanaan kuliah Penulisan Karya Ilmiah ini mendukung pencapaian target nomor 4.6 SDG’s pada bidang pendidikan yang berbunyi “by 2030, ensure that all youth and a substantial proportion of adults, both men and women, achieve literacy and numeracy”, yakni pada tahun 2030, memastikan bahwa semua pemuda dan sebagian besar orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan melek huruf/literasi dan berhitung. Lebih spesifik, karakteristik mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah ini sangat terkait dengan indikator nomor 4.6.1 yang berbunyi “proportion of population in a given age group achieving at least a fixed level of proficiency in functional (a) literacy and (b) numeracy skills, by sex”, yaitu proporsi penduduk dalam kelompok umur tertentu yang mencapai setidaknya tingkat kemahiran tertentu dalam (a) keterampilan melek huruf/literasi, dan (b) berhitung, berdasarkan jenis kelamin. Untuk memenuhi indikator ini, pelaksanaan kuliah Penulisan Karya ilmiah ditujukan agar mahasiswa 1) memahami konsep karya ilmiah meliputi: pendekatan dan prinsip, jenis, dan struktur karya tulis ilmiah; 2) membuat penalaran dalam suatu karangan; berpikir induksi-deduksi, 3) menghindari kesalahan dalam bernalar; 4) membuat kalimat dengan berbagai gaya bahasa; 5) mengembangkan paragraf; 6) memahami dan membuat elemen-elemen penyusunan makalah ilmiah; 7) menggunakan pustaka berbasis internet; dan 8) menyusun makalah ilmiah.

Literasi mahasiswa menuntut kemampuan membaca secara analitis kritis, tidak semata membaca dengan pemaknaan yang dangkal. Pelaksanaan kuliah Penulisan Karya Ilmiah menerapkan prinsip-prinsip literasi yang bersifat: 1) objektif dan empiris, yakni pernyataan ilmiah dalam karyanya harus didasarkan data dan fakta; 2) prosedural, yakni penyimpulan temuan melalui penalaran/proses induktif dan deduktif; dan 3) rasional: analisis dan pembahasan data harus menggunakan pengalaman dan pikiran secara logis. Mahasiswa menjadi representasi generasi muda yang memiliki kemampuan literasi tingkat tinggi. Dengan demikian, tujuan pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan dapat didukung secara optimal. (pri).