Festival Gending Dolanan Tradisional

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY  bekerjasama dengan Dharmawanita FIP UNY mengadakan kegiatan Festival gending dolanan tradisional. Gending dolanan tradisional ini merupakan kegiatan dalam rangka dies natalis ke 72 FIP UNY, berlangsung pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 09.00 hinga selesai yang dilakukan secara luring serta daring melalui youtube chanel FIP UNY Official. Festival ini mengusung tema lintas generasi.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua panitia yaitu ibu Surahmi Sujarwo yang didampingi oleh Ibu Aam Cepi Amalia serta Ibu Lidwina Joko Pamungkas. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan  FIP UNY Dr. Sujarwo , M.Pd. dengan pemukulan bendhe sejumlah tiga kali, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan yang diwakilkan oleh setiap ketua kontingen.

Festival ini diikuti oleh 7 kontingen grup karawitan yaitu anak-anak Taman Kanak-Kanak ABA Ngabean 2 dengan gending lagu sluku-sluku batok dan suwe ora jamu, panti asuhan Ar-Raafi’u merupakan panti asuhan dari wonosari yang membawakan gending jamuran serta cublak-cublak suweng. Dharmawanita FIP UNY yang membawakan gending padang bulan serta gundul-dundul pacul. Gugus PAUD Giripurwo dengan membawakan gending gugur gunung dan kembang melati. Banyu Pusposari gugus VI Tempel  membawakan gending lagu kupu kuwi dan suwe ora jamu. Para ketua ormawa FIP UNY yang membawakan gending lagu gajah-gajah serta jaranan. Untuk kontingen terakhir yaitu Ikapen Laras budaya yang terdiri dari pensiunan UNY yang membawakan gending lagu numpak sepur dan pitik walik jumbul. Ketujuh kontingen tersebut tampil secara beriringan.

Festival ini membawa pesan senajan klungsu nanging melu udu. Yang berarti walapun hanya sederhana dan sedikit tetapi dapat berkarya dan bermanfaat nyata demi masa depan FIP Kedepan. (laskar Bka FIP UNY)