FIPP UNY Audiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY melakukan Audiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Kamis, 4 April 2024. Audiensi dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FIPP, Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si., dibersamai oleh Ketua Departemen Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Dr. Shely Catrin, M.Fill., Ketua Departemen Pendidikan Luar Biasa, Dr. Sukinah, M.Pd., Ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini, Dr. Muthaminah, M.Pd., Sekretaris Departemen Administrasi Pendidikan Aris Suharyadi, M.Pd., Sekretaris Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan sekaligus Kepala Unit Urusan Kerjasama dan Internasional, Suyantiningsih, M.Ed., Sekretaris Departemen FSP Riana Nurhayati, M.Pd., Kepala Laboratorium TP, Ariyawan Agung Nugroho S.T., M.Pd., Staff RKSIU FIPP UNY, Mareta Puspita, M.Pd., dan Nur Cahya Ningrum, S.Pd. Sementara itu dari Pihak Dinas Pendidikan langsung disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M. serta Rini Awindarini, SIP Kepala Sub Bagian umum dan Kepegawaian Dikpora Kabupaten Bantul.

Dr. Siti Rohmah mengungkapkan bahwa kegiatan audiensi ini dalam rangka menguatkan kerjasama yang telah dilaksanakan sebelumnya dan ingin mengembangkan kerjasama di bidang lainnya. 

"UNY saat ini menjadi perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH) dari sebelumnya badan layanan umum (BLU), yg sekarang sejajar dg perguruan tinggi ternama, sehingga banyak sekali kompetisi yang menuntut untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM) , tidak terkecuali kerjasama, "ungkap Dr. Siti Rohmah. 

Lebih lanjut, "Tahun ini kerjasama yang direncanakan berupa penelitian dan PKM di wilayah Bantul di sekolah Bantul. Untuk itu ijinkan kami kulonowon,  ijin melakukan penelitian dan PKM di masyarakat, "katanya. 

"Ada perubahan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait kerjasama ini. Salah satu wujud kerjasama yaitu ada dokumentasi kerjasama yang ditandatangani oleh kepala dinas , meski kerjasama dg sekolah. Oleh karena itu mohon ijin, jika nanti ada banyak dokumen kerjasama yang harus ditandatangani. Kedepan kami juga akan mengundang kepala dinas untuk hadir di FIPP untuk melakukan penandatangan kerjasama, " ujar Dr. Siti Rohmah

Selain itu Dr. Siti Rohmah juga menyampaikan bahwa FIPP memiliki  program yang menarik dan peluang untuk dikerjasamakan, yaitu FIPP memiliki 9 departeman, yang memiliki S2 dan beberapa S3, termasuk program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yang bisa dimanfaatkan oleh Dikpora Bantul dalam rangka  meningkatkan kualitas SDM di Dikpora Bantul. 

Kepala Dinas Dikpora Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, M.M., menyambut baik kerjasama ini. "Kerjasama apapun, pasti ada manfaatnya, "katanya. Lebih lanjut, terkait dengan kerjasama ini, ternyata di pemerintah daerah Kabupaten Bantul ini juga sebagai bagian dari penilaian kinerja lembaga juga harus mendokumentasikan dokumen kerjasama. 

Eko menambahkan isu hangat yang ada di Dikpora itu yaitu tentang Bullying, kerentanan putus sekoleh, dan disabilitas. Oleh karena itu, Eko berharap agar pihak FIPP UNY bisa membantu menyelesaikan masalah ini. "Untuk teknis kegiatannya seperti apa, nanti bisa dibicarakan lebih lanjut, "katanya.(rit)