FIPP UNY Turut Memeriahkan Global Partnership Fair UNY

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, turut serta dalam kegiatan  Global Partnership Fair yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu - Kamis, 8 -9 November 2023, di Gedung Auditorium UNY.  Menurut Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Prof. Margana,  Global Partnership Fair merupakan wujud dari komitmen universitas kami untuk mempromosikan kerja sama lintas batas, memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan, dan mendorong inovasi dalam pendidikan. "Acara ini adalah kesempatan luar biasa bagi semua peserta untuk menjalin hubungan baru, berbagi pengetahuan, dan merangsang kerja sama yang bermanfaat. “Melalui beragam kegiatan dan sesi-sesi yang telah kami siapkan, kami berharap kita semua akan dapat mengeksplorasi peluang-peluang kerja sama yang mendalam, serta memperdalam pemahaman tentang tantangan global yang sedang dihadapi dunia saat ini” ungkap Margana. Wakil Rektor berharap Global Partnership Fair ini akan menghasilkan ide-ide cemerlang dan solusi inovatif yang akan berdampak positif bagi semua.

Dalam kesempatan ini FIPP menampilkan layanan - layanan unggulan yang diberikan  oleh masing - masing departemen. Layanan unggulan dari Departeman Administrasi Pendidikan , khususnya Program Studi Manajemen Pendidikan yaitu Pelatihan Persiapan & Pendampingan Akreditasi Perpustakaan Sekolah, Diklat Literasi digital untuk Sekolah, Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan, Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bgi Guru, Diklat Peningkatan Kemampuan Tenaga Administrasi Sekolah dan Pelatihan Manajemen Kurikulum Sekolah. Kegiatan ini di dampingi oleh pemateri bersertifikat dan berpengalaman bertahun - tahun di bidangnya. Untuk mengakses layanan ini  bisa menghubungi Dr. Tina Rahmawati, M.Pd. di kontak 081328342102.

Sedang layanan unggulan yang diberikan oleh Program studi Pendidikan Luar sekolah/Nonformal ini berupa Pembelajaran Luar sekolah Gembira Loka Zoo. Kegiatan ini bukan sekedar rekreasi di kebun binatang gembira loka, akan tetapi juga dilaksanakan program pembelajaran yang menarik oleh para pendamping, sehingga peserta kegiatan bisa rekreasi sambil belajar. Syarat dan ketentuan program ini adalah jumlah rombongan minimal 30 orang, wajib menggunakan seragam sekolah, berlaku hanya pada hari Senin - Jumat.Untuk mengakses program ini, sekolah perlu mengajukan surat pengantar permohonan program PLS minimal 2 pekan sebelum hari H pelaksanaan. Selain itu berlaku hanya untuk pelajar jenjang TK/RA sampai SMA/MA sederajat se-DIY. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0812 2266 2290.

Program Studi Pendidikan Luar Biasa memberikan layanan unggulan berupa Layanan Diagnostik meliputi Tes Intelegensi (WISC, SPM, CPM), Tes Pendengaran, Tes Diagnostik Akademik, Tes Kemampuan Motorik (Sensomotor, berpikir, dan motivasi), Tes Kesiapan Masuk Sekolah, Tes Kepribadian, Tes Grafis. Layanan Asesmen meliputi asesmen medis, asesmen psikologis, asesmen bahasa, asesmen akademik. Prodi PLB juga memberikan layanan konsultasi psikologi, dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Layanan edukasi berupa penanganan akademik anak berkebutuhan khusus serta layanan terapi wicara, permainan dan okupasi. Keterangan lebih lenjut, bisa menghubungi Laboratorium PLB FIPP UNY di kontak 087839406869.

Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan memberikan program unggulan berupa Pelatihan Pengembangan Teknologi Pembelajaran, pelatihan dasar pembuatan objek 3D dengan blender, Pelatihan dasar pengembangan multimedia pembelajaran dengan UNITY, Pelatihan Pengembangan Augmented Reality dengan UNITY, Pelatihan Microsoft Office dasar, dan Lain sebagainya. Selain program, Departeman KTP juga menyediakan layanan untuk mahasiswa, dosen dan masyarakat berupa pengembangan video profil, pengembangan media aplikasi android, pengembangan media apikasi berbasis web, perekaman studio bagi mahasiswa, dan kunjungan studio bagi anak anak. Untuk mengakses program dan layanan ini bisa menghubungi no 085174241515.

Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) menyediakan layanan berupa pelatihan konselor sebaya, pelatihan kesehatan mental, pelatihan bimbingan kelompok, pelatihan PPG, Pelatihan Konseling Multikultural, Peevor Lab BK, Jurnal club. Informasi selengkapanya bisa menghubugi Dr. Eva Imania E, M.Pd.

Program studi Kebijakan Pendidikan memberikan layanan pelatihan  berupa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah untuk publikasi, pelatihan analisis kebijakan pendidikan, pelatihan membangun sekolah resiliens dan zero bullying serta pelatihan sekolah ramah anak. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi no 081364890598.

Program Studi Pendidikan Guru SD memberikan layanan Pelatihan Pembelajaran Inovatif bagi Guru SD, meliputi pengembangan pembelajaran inovatif (32 JP),Pengembangan Penilaian Pembeljaran berbasis Kurikulum Merdeka (32 JP), Mengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif (32 JP), Pendalaman Materi Persiapan Ujian Ujian Masuk Calon Mahasiswa PPG dan UKPPG (32 JP), serta Penguatan Kemampuan IT (32 JP).  Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan konsep Pelatihan Blended Learning dan Pelatihan Luring. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi no 085729409414.

Program studi Pendidikan Guru PAUD memberikan program unggulan seperti layanan Daycare, Seminar dan pelatihan kePAUDan, dan magang. Layanan daycare meliputi kegiatan full day care (07.30 - 16.00), fun learning, makanan bergizi dan snack (2x sehati), aktivitas bermain di dalam dan diluar ruangan, kegiatan seni dan kerajinan, toilet training, laporan perkembangan harian, pengenalan dolanan tradisional dan pengenalanan gamelan dan wayang. Informasi lebih lengkap bisa menghubungi 0895361596811.

Sementara itu Program Studi Psikologi memberikan layanan Pendidikan, Industri organisasi, layanan klinis, pelatihan dan perkembangan, sosial dan psikometri. Layanan pendidikan berfokus pada layanan psikologi sekolah berupa layanan asesmen siswa, layanan minat bakat, penjurusan sekolah maupun kuliah, penentuan karir, konseling masalah belajar, seleksi masuk sekolah. Layanan industri organisasi menggunakan metode asesmen seperti paper & pencil test, self assesment, interview, forum group discussion, case study, simulation business case/in basket/paper presentatison, managerial skill tools, strategic plan presentation, feedback counceling. Pelatihan meliputi pelatihan karir, dan pelatihan mindfulness. layanan klinis berupa konseling maupun intervensi masalah pribadi anak, dewasa, lansia, pasangan, kelompok, maupun komunitas. Selaian konseling dan intervensi, prodi Psikologi juga menyediakan layanan kerjasama pembicara untuk kegiatan seminar, workshop dan lain lain. Infomasi selengkapnya bisa menghubungi 085218202157. (rit)