KB-TK Pedagogia Menginspirasi FKIP UNISRI Surakarta

KB-TK Lab. Pedagogia FIP UNY menerima kunjungan dari delegasi Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, 13 Januari 2022. 

Agenda utama dari kunjungan tersebut adalah KLL dan studi banding dan disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd. Sedangkan delegasi dari UNISRI dipimpin oleh Dekan FKIP UNISRI, Ketua Yayasan, Kaprodi PG-PAUD, Dosen, dan 6 mahasiswa PG-PAUD semester 5.

Cepi menjelaskan bahwa KB-TK Lab.Pedagogia FIP UNY dikelola oleh FIP UNY yang meliputi KB, TK dan Sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 4. "Saat ini masih dirintis secara bertahap menuju SMP dan SMA Pedagogia," kata Cepi.  

Lebih lanjut, Cepi mengatakan bahwa FIP menyambut baik kunjungan yang dilakukan dan membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjalin kerjasama apalagi dengan adanya kebijakan kurikulum merdeka yang berimplikasi pada pentingnya jalinan kerjasama antar institusi untuk mendukung kebijakan tersebut.

Dari delegasi UNISRI, yang diwakili oleh Dekan FKIP, Dra. Sri Hartini, M.Pd., menjelaskan bahwa diantara delegasi termasuk Dekan adalah alumni dari UNY dari PEP Pascasarjana, dan masih banyak lagi alumni dari S2 UNY yang dipercaya bekerja di UNISRI. Maksud dari kedatangan rombongan adalah untuk menjajagi kerjasama dan sekaligus menindaklanjuti kerjasama yang sudah pernah dilakukan setahun yang lalu dengan Dekan FIP UNY. "Dan kedatangan kali ini salah satunya adalah untuk merealisasikan kerjasama yang sudah pernah diinisiasikan tersebut," katanya.

Lebih lanjut Sri Hartini menjelaskan bahwa saat ini lembaga sedang menyiapkan pengembangan Labschool. "FKIP UNISRI memandang bahwa FIP UNY merupakan salah satu institusi yang memiliki keunggulan dan best practice yang bisa diobservasi dan selanjutnya bisa menjadi referensi bagi UNISRI, sehingga harapannya adalah sepulang dari KKL dan studi banding ini, FKIP UNISRI mendapatkan perspektif, gagasan, knowledge, dan inovasi baru untuk mengembangkan Labschool di FKIP UNISRI," tambahnya. Rombongan FKIP UNISRI sangat tertarik dengan pengelolaan KB-TK Pedagogia yang dapat memadukan naungan “dua rumah” dalam pelaksanaan pendidikan yaitu perguruan tinggi dan dinas pendidikan. 

Kepala KB-TK Lab Pedagogia, Sri Uning Puji Utami, S. Pd, menyampaikan bahwa pengelolaan sekolah seperti sarana prasarana, kompetensi pedagogik dan kurikulum memadukan antara perkembangan keilmuan dari UNY dan kebijakan yang berlaku saat ini dari dinas. Sri Uning menambahkan bahwa keunggulan sekolah berbasis budaya dan pendidikan inklusi dengan landasan education for all. "Pada pelaksanaan belajar dari rumah selama masa pandemic pun dilakukan dengan 4 WAYAHE yaitu wa-sik (wayahe reresik), wa-seh (wayahe sehat), wa-seba (wayahe seni lan basa), wa-ngi (wayahe ngibadah)," lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator Laboratorium Pedagogia,  Dr. Mutmainah, M. Pd  menyatakan bahwa inovasi pembelajaran terus dilakukan dengan adanya komunikasi dan koordinasi antara prodi di FIP UNY bersama guru di KB-TK. (yan/ren/rit)