Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental

Pada Selasa, 6 Desember 2023, Ruang Abdullah Sigit FIPP UNY menjadi saksi dari kunjungan studi yang dilakukan oleh Program Studi S1 Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ke BK Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan ini juga dijadikan momen untuk menyelenggarakan kuliah umum dengan judul "Kesehatan Mental: Isu Global dan Profesi BK di Indonesia."

Kuliah umum tersebut diberikan oleh narasumber terkemuka, Nanang E. Gunawan, Ph.D., lulusan dari Ohio University. Beliau membagikan wawasan tentang kesehatan mental, merinci isu-isu global terkini, dan mengaitkannya dengan peran Profesi Bimbingan Konseling di Indonesia.

Dalam kegiatan ini, turut hadir 170 mahasiswa S1 BK dari UPI, yang dibersamai oleh Prof. Dr. Syamsu Yusuf LN., M.Pd. Prof. Dr. Syamsu Yusuf dari UPI menyampaikan sambutan, menyatakan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk menjalin silaturahmi, bertemu, dan berdiskusi. Kunjungan studi ini terfokus pada matakuliah kesehatan mental, dan diharapkan dapat memperkuat hubungan baik di aspek akademik maupun non-akademik.

Sementara itu dari FIPP UNY dihadiri oleh  WD AKA Dr. Iis Prasetyo, MM, WD PKUSD Dr. Agus Basuki, M.Pd, WD RKSIU Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si., Ketua Departemen PPB Dr. Sigit Sanyata, M.Pd., dan beberapa dosen BK FIPP UNY.

Dr. Siti Rohmah menyambut baik kehadiran tamu dari UPI, mengapresiasi semangat dan inspirasi yang dibawa oleh Prof. Syamsu. Beliau menyatakan bahwa kedua universitas seakan saudara kandung dalam bidang BK, dan memberikan dorongan untuk lebih meningkatkan kerjasama di masa depan. Dr. Siti Rohmah juga menyampaikan pentingnya studi banding, berbagi pengetahuan, dan pengalaman sebagai kunci menghadapi perubahan zaman.

Selain itu, Dr. Siti Rohmah mengusulkan peningkatan kerjasama melalui pertukaran mahasiswa selama satu semester dan berbagai bentuk kolaborasi lainnya, seperti penelitian bersama atau kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM).

Materi kuliah umum yang disampaikan oleh Nanang E. Gunawan, Ph.D., menggambarkan pentingnya pemahaman terhadap kesehatan mental dalam konteks global dan bagaimana Profesi BK dapat berperan aktif dalam mengatasi tantangan ini.

Kunjungan studi ini diharapkan menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara kedua perguruan tinggi dalam mengembangkan bidang kesehatan mental dan profesi BK di Indonesia. (rit)