Mata Kuliah Desain Pelatihan Mendukung Pencapaian Indikator SDG's dalam Menghasilkan Individu yang Terampil dan Berdaya Guna

Kontribusi yang diberikan oleh masing-masing individu merupakan faktor penting dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG's). Individu yang memiliki keterampilan memadai maka dapat menghasilkan kinerja yang maksimal sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Pelatihan perlu dilakukan karena adanya tuntutan perubahan lingkungan, meningkatkan skill, dan memperluas pembelajaran. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dalam mengembangkan program pelatihan yang efektif untuk diterapkan sesuai kebutuhan individu. Hal ini melibatkan proses analisis kebutuhan pelatihan, penetapan tujuan pelatihan, penentuan karakteristik peserta pelatihan, penentuan metode pelatihan beserta evaluasinya. Mata kuliah ini turut memberikan kesempatan bagi mahasiswa sebagai calon karyawan maupun bagian dari anggota Masyarakat untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan pelatihan sesuai dengan hasil dari training need analysis (TNA). Selanjutnya mahasiswa dapat menentukan tema pelatihan beserta metode yang tepat dengan mempertimbangkan data yang ditemukan pada tahapan TNA. Evaluasi pelatihan juga perlu dilakukan untuk melihat berbagai hal yang perlu dipertahankan maupun diperbaiki pada pelatihan yang telah diselenggarakan.

Mata kuliah ini dinilai penting dalam konteks pencapaian Indikator SDG's. Desain pelatihan dapat menghasilkan program pelatihan yang efektif guna mendukung pencapian indikator SDG's meliputi: (a) No Poverty (SDGs#1), individu dengan keterampilan memadai maka akan menjadi produktif dan berdaya guna dalam menghasilkan produk maupun jasa yang dapat mendukung kesejahteraan hidupnya. Keterampilan membuat individu menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain; (b) Industry, Innovation, And Infrastructure (SDGs#9), dunia industri terus berkembang dan mengalami perubahan dipengaruhi oleh berbagai kebijakan baru, kemajuan teknologi serta revolusi lainnya yang terus terjadi sehingga menuntut karyawan untuk dapat beradaptasi. Oleh karena itu perlu diselenggarakan pelatihan secara berkala sesuai dengan kebutuhan karyawan; (c) Peace, justice, and strong institutions (SDGs#16), pelatihan yang diterapkan di lingkungan kerja menjadikan karyawan di Perusahaan memiliki produktivitas yang tinggi, karyawan diberi kesempatan yang sama untuk berkembang, serta menjadi lebih dinamis dalam hubungan kerjanya melalui pemberian penguatan dalam hal komunikasi yang efektif dan pola kerjasama yang baik.

Mata kuliah Desain Pelatihan memiliki konsep yang mendukung pencapaian Indikator SDG's serta memberikan landasan bagi mahasiswa untuk dapat menjalankan salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia yaitu memberikan pelatihan yang tepat sasaran sesuai kebutuhan. Pelatihan yang tepat menjadikan individu berkompeten dalam memberikan kontribusi di lingkungan kerja maupun sebagai anggota Masyarakat sehingga dapat mendatangkan berbagai dampak positif.