Mata Kuliah Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Mendukung Perwujudan Pendidikan Bermutu dan Inklusif

Mata kuliah Kepemimpinan Kepala Sekolah bertujuan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan pendidikan abad 21 di berbagai konteks. Tujuan pembelajaran ini dicapai melalui aktivitas memahami, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai konsep, teori, dan model kepemimpinan pendidikan dalam konteksnya. Perkuliahan dilaksanakan melalui pembelajaran di dalam kelas dan studi kasus. Penilaian pembelajaran memperhatikan aspek proses dan juga hasil dengan bobot nilai masing-masing 50%.

Mata kuliah ini mendukung pencapaian indikator SDGs khususnya pada upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu dan inklusif. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa belajar berbagai teori kepemimpinan pendidikan abad 21 yang mendukung perwujudan pendidikan yang bermutu diantaranya teori kepemimpinan instruksional, teori kepemimpinan pembelajaran teori kepemimpinan transformasional yang dipertimbangkan relevan untuk mewujudkan sekolah bermutu. Selain itu, mahasiswa juga belajar teori kepemimpinan inklusif yang relevan untuk membekali kemampuan mewujudkan pendidikan inklusif. Mata kuliah ini juga memberikan pembelajaran tentang konteks kepemimpinan baik di level individu, organisasi, maupun lingkungan organisasi seperti kebijakan pendidikan nasional. Pemahaman konteks ini menjadi pertimbangan mahasiswa dalam menganalisis ketepatan penerapan suatu teori kepemimpinan. Untuk menguatkan penguasaan teori, mahasiswa melakukan studi lapangan/kasus kepemimpinan kepala sekolah di satu sekolah. Keterkaitan antara perkuliahan dengan indikator SDGs ini mendukung upaya pemerintah mewujudkan pencapaian tujuan pembangunan yang sustainable.