Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dalam Kontribusinya Terhadap Pencapaian Indikator SDG’s Pada Ranah Manajemen Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu indikator tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s). Hal ini memungkinkan terjadinya peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kesadaran yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan lainnya. Untuk itulah, berbagai riset terkait pendidikan menjadi sebuah keharusan agar mampu mendorong terwujudnya pendidikan berkualitas. Dalam kaitannya dengan tata kelola pendidikan yang berkualitas, mata kuliah metodologi penelitian di desain untuk menghasilkan luaran berupa riset-riset berkualitas terkait pengembangan manajemen pendidikan. Dengan demikian mampu memainkan peran penting dalam menghubungkan kemajuan pengetahuan dan penelitian dengan upaya mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Mata kuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menerapkan berbagai konsep dan pendekatan penelitian, baik dengan pendekatan penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Secara keseluruhan, mata kuliah Metodologi Penelitian memiliki peran dominan dalam mendukung pencapaian SDG’s. Mata kuliah Metodologi Penelitian memiliki urgensi yang tinggi dalam konteks pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) karena adanya beberapa alasan: (1) Mengarahkan Riset ke Arah Yang Tepat (membantu mahasiswa dan peneliti untuk merencanakan penelitian yang terarah dan relevan untuk mencapai tujuan SDGs); (2) pengumpulan data yang akurat dan relevan (penguasaan teknik sampling dan pengumpulan data yang baik menjadi kunci menghasilkan data yang akurat sehingga memudahkan memahami dampak aktual program/kebijakan untuk mencapai SDG’s yang diinginkan; (3) teknik analisis data dan pengambilan keputusan (hasil penelitian yang diolah dengan teknik analisis yang tepat, akan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik berdasar bukti yang kuat pula, sehingga dapat memaksimalkan potensi keberhasilan dalam mencapai SDG’s.

Melalui mata kuliah Metodologi Penelitian, mahasiswa program doktoral diberdayakan untuk memahami dengan lebih mendalam prinsip-prinsip penelitian yang kuat dan relevan, yang merupakan pondasi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen pendidikan sesuai dengan SDGs ke 4 yaitu Pendidikan berkualitas (Quality Education). Pemahaman mendalam ini memungkinkan para mahasiswa untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi kompleksitas tantangan dalam dunia pendidikan, yang akan berkontribusi pada pencapaian tujuan SDGs. Mata kuliah ini membawa manfaat signifikan karena membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk mendesain dan melaksanakan penelitian yang bermutu tinggi. Penelitian yang difokuskan dan didasarkan pada bukti akan berkontribusi secara efektif pada pencapaian target-target SDGs. Lebih lanjut, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan penelitian yang inklusif dan berorientasi pada solusi, sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs untuk mengatasi kesenjangan dan ketidakadilan dalam sektor pendidikan. Dalam ranah manajemen pendidikan, penelitian yang terfokus pada pencapaian tujuan SDGs memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai dinamika kompleks antara manajemen, kebijakan, dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan perspektif SDGs ke dalam strategi manajemen pendidikan mereka, mengedepankan inovasi, kesetaraan, dan akses yang lebih baik menuju pendidikan berkualitas untuk semua. Oleh karena itu, mata kuliah Metodologi Penelitian memegang peran penting dalam membentuk pemimpin dan praktisi pendidikan yang dapat membawa perubahan positif sesuai dengan agenda global SDGs di ranah manajemen pendidikan.