Mata Kuliah Statistika Mendorong Pencapaian Indikator SDG's dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Salah satu kompetensi penting terkait pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yaitu penguasaan Statistika. Melalui penguasaan Statistika memungkinkan individu mampu memahami dan menganalisis data yang kemudian berkontribusi pada peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia. Hal ini selaras dengan indicator dari SDGs. Upaya yang dilakukan Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkaitan dengan hal tersebut yaitu dengan mengintegrasikan mata kuliah Statistika di dalam Kurikulum Pendidikan

Mata kuliah Statistika merupakan mata kuliah wajib di Program Sarjana Psikologi UNY yang diambil mahasiswa ketika memasuki semester 2. Penguasaan Statistika menjadi fondasi awal yang harus dikuasai karena mendukung penguasaan di mata kuliah selanjutnya, misalnya saja Metode Penelitian Kuantitatif, Penyusunan Skala Psikologi, hingga Teknik Penulisan Skripsi. Dengan dibekali kemampuan Statistika, akan membantu Sarjana Psikologi dalam memahami fenomena yang terjadi di dunia nyata. Untuk bisa menilai fenomena dengan lebih tepat, kemampuan membaca data dan menganalisisnya menjadi penting. Analisis data sangat diperlukan sebab pengambilan keputusan harus mempertimbangkan data yang ada di lapangan.

Tujuan utama dari mata kuliah Statistika di Program Sarjana Psikologi UNY, antara lain yaitu: (1) mahasiswa mampu memahami konsep dasar Statistika; (2) mahasiswa mampu membedakan berbagai jenis analisis Statistika; dan (3) mahasiswa mampu melakukan analisis berbagai macam data baik secara manual maupun dengan program komputer. Mata kuliah Statistika memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari berbagai teknik analisis data, cara membaca hasil analisis, hingga cara melaporkannya. Pemahaman hasil analisis dan cara melaporkan hasil analisis penting untuk dikuasai agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan kesimpulan maupun keputusan. Pemahaman Statistika membantu individu lebih memahami hasil-hasil temuan yang sudah ada yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk menentukan kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi masalah yang terjadi di Indonesia. Misalnya saja dalam penanganan COVID-19 ketika pandemic tahun 2020 hingga 2022, penguasaan Statistika dapat membantu untuk memutuskan langkah untuk meminimalisir penyebaran berdasar temuan sebelumnya. Selain itu, penguasaan Statistika digunakan untuk memastikan efektivitas dari berbagai vaksin yang diciptakan.

Penguasaan mata kuliah Statistika juga berkontribusi dalam pencapaian indikator SDG’s yaitu indicator keempat terkait Kualitas Pendidikan. Langkah yang dilakukan mata kuliah Statistika terkait dengan SDG’s yaitu: (a) Peningkatan Kualitas Pendidikan (SDG 4): Inovasi dalam pembelajaran Statistika yaitu penguasaan berbagai analisis Statistik yang melibatkan penggunaan software Statistika membantu penguasaan analisis data yang kemudian meningkatkan kualitas Pendidikan yang ada di Indonesia; dan (b) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG 8): Penguasaan Statistika membekali kompetensi sumber daya manusia menjadi lebih berkompeten dan handal yang kemudian akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan akses pekerjaan yang layak.