Mengembangkan Potensi Mahasiswa Doktor UNY melalui Mata Kuliah Pengambilan Keputusan Strategis untuk Meningkatkan Pendidikan Berkualitas sesuai Tujuan SDGs

Sebagai bentuk tanggung jawab program studi terhadap lulusannya, mahasiswa jenjang doktoral harus diwadahi pengalaman belajar yang relevan dan sesuai dengan tantangan dan kebutuhan sosial di masa depan. Program studi S-3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen dengan menyediakan mata kuliah keahlian, seperti mata kuliah pengambilan keputusan strategis. Mata kuliah ini berfungsi untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa agar mahasiswa kemudian menjadi lebih siap dan terampil dalam hal membuat keputusan strategis. Potensi yang dimiliki mahasiswa harus bisa lebih berkembang melalui pengalaman belajar yang khas pada mata kuliah pengambilan keputusan strategis ini. Hal tersebut bisa sangat berguna bagi lulusan saat dihadapkan pada situasi atau keadaan yang mengharuskan dirinya untuk membuat keputusan secara cepat dan akurat. Sehingga, mata kuliah ini berusaha menawarkan hasil atau luaran yang didapat, benar – benar berdampak positif, utamanya pada bidang peningkatan kualitas pendidikan.

Lebih lanjut, di dalam konteks mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait pendidikan berkualitas, setiap mata kuliah harus mengambil peran dan posisi untuk dapat berkontribusi menyiapkan lulusan yang mumpuni. SDGs, yang menggarisbawahi pentingnya pendidikan yang merata dan berkualitas untuk semua, membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan strategi yang cermat. Sehingga mata kuliah ini memberikan landasan teoritis dan praktis bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana keputusan strategis diambil dalam konteks pendidikan. Mata kuliah pengambilan keputusan strategis menjadi salah satu modal penting bagi para lulusan yang kelak menjadi pemimpin atau pengambil kebijakan pendidikan. Untuk itu, mereka telah dipersiapkan dan dibekali dengan pengalaman belajar yang cukup, sehingga mampu merancang strategi secara efektif, terlebih dalam usaha untuk mencapai tujuan SDGs tersebut.

Sebagai contoh, ketika dihadapkan dengan situasi penentuan anggaran pendidikan, program pengembangan guru, pengelolaan fasilitas sekolah, dan partisipasi orang tua dan masyarakat, mata kuliah pengambilan keputusan strategis telah membiasakan mahasiswa untuk lebih awal melihat situasi – situasi penting tersebut. Sehingga, luaran atau hasil dari keputusan – keputusan yang diambil telah melalui proses yang terstandarkan. Maka, mahasiswa diharapkan mampu memahami secara komprehensif mengenai kompleksitas sistem pendidikan dan tantangan yang ada saat berusaha mewujudkan pendidikan berkualitas. Dengan pemahaman mendalam mengenai kompleksitas tersebut, mahasiswa bisa merancang kebijakan atau inisiatif pendidikan yang dibuat berjalan secara lebih efektif dan relevan yang dampaknya bisa mencapai tujuan dari SDGs.

Selain itu, mata kuliah pengambilan keputusan strategis juga melengkapi mahasiswa dengan peningkatan berpikir kritis, rasional, karakter berani, dan piawai dalam bersikap saat mengambil keputusan di dalam konteks perbaikan pendidikan. Mereka juga akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana pengambilan keputusan strategis di tingkat lembaga pendidikan, pemerintah, dan internasional dapat mempengaruhi pembangunan pendidikan secara keseluruhan. Dengan pemahaman yang kuat tentang pengambilan keputusan strategis, mahasiswa dapat menjadi kontributor yang lebih efektif dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan yang mendukung visi SDGs untuk pendidikan yang inklusif, merata, dan berkualitas bagi semua. Kemampuan yang diperoleh saat mengambil mata kuliah ini bisa sangat berguna dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin saja muncul dalam upaya mencapai SDGs terkait pendidikan berkualitas.