Pameran dan Distribusi Media Pembelajaran ABK untuk Sekolah

Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Angkatan 2021 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta sukses mengadakan kegiatan pameran media pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Kamis (15/06/2023). Bertempat di Lapangan Hijau FIPP, acara dimulai sejak pukul 09.00-14.30 WIB. Kegiatan ini ditujukan untuk memenuhi nilai tugas akhir dari mata kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang secara tidak langsung dapat mempromosikan dan mengenalkan media pembelajaran untuk ABK. Total ada 20 karya media pembelajaran yang buat oleh mahasiswa PLB Angkatan 2021 yang terdiri dari dua kelas dengan setiap kelas terdiri dari 10 kelompok. Suasana kemeriahan dan keceriaan menghiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Kegiatan Pameran Media Pembelajaran ABK yang dibuka Ketua Departemen PLB. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan Dan Alumni; dosen; Guru SLB di Yogyakarta; mahasiswa dan alumni hingga mahasiswa dari berbagai universitas lainnya turut hadir memeriahkan kegiatan ini,

Ketua Departemen Pendidikan Luar Biasa, Dr. Hermanto, M.Pd. mengungkapkan kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif serta dapat berkontribusi nyata kelak dalam dunia pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Berbagai macam media pembelajaran berbasis teknologi baik high, middle, dan low dipamerkan dalam kegiatan ini. Kegiatan pameran mendapatkan banyak respons positif dari pengunjung melihat hasil karya mahasiswa yang edukatif, menarik, kreatif dan inovatif, serta effort mahasiswa dalam membuat media pembelajaran.

“Terima kasih kepada segenap mahasiswa yang sudah bekerja keras dalam mata kuliah Media Pembelajaran ABK, mulai dari membuat artikel, membuat media pembelajaran hingga berkenan untuk memberikan hasil karyanya untuk anak-anak di sekolah. Semua hasil karya kalian sangat bagus dan unik. Harapannya, pameran ini dapat menjadi inspirasi adik tingkat kalian, dan menginspirasi guru-guru ABK dalam membuat media pembelajaran, " ujar Angga Damayanto selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Media Pembelajaran ABK.

Angga juga berharap bahwa hasil pameran ini dapat bermanfaat sekolah-sekolah yang sudah hadir dalam pameran media pembelajaran agar media pembelajaran yang sudah dibuat oleh mahasiswa PLB Angkatan 2021 dapat menunjang pembelajaran berkebutuhan khusus di sekolah, tidak hanya nganggur di kos dan tercecer.

Penulis Annisa Iskalatifah
Editor: Mareta Puspita