Peran sentral Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi keguruan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Langkah – langkah seperti pembentukan lembaga penjamin mutu dilakukan dengan tujuan agar kualitas proses pendidikan tetap terjaga dan terus bertambah baik. Selain itu, memberikan pemahaman tentang keutamaan pelaksaan penjaminan mutu melalui mata kuliah juga perlu dilakukan. Untuk itu, UNY telah menyusun mata kuliah Teori Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal bagi mahasiswa kependidikan agar terbentuk cara pandang yang tepat saat mengevaluasi proses pendidikan. Mata kuliah penjamin mutu ini berupaya memberi pengetahuan tambahan mengenai metode atau cara menjaga kualitas proses pendidikan.

Sejalan dengan capaian pembelajaran mata kuliah ini, indikator Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga mensyaratkan keutamaan pendidikan berkualitas, menekankan pada satu hal yang sama, yakni mutu yang berkualitas. Mahasiswa dibekali pemahaman mengenai manajemen perubahan, perencanaan strategis dan analisis SWOT, model – model penjaminan mutu, serta akreditasi di semua jenjang pendidikan. Pengalaman belajar pada mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa untuk mengerti secara rasional pelaksanaan mutu di semua jenjang pendidikan. Pemahaman tersebut akan membantu mahasiswa ketika mahasiswa dihadapkan pada tuntutan pemenuhan kebutuhan pendidikan. Maka, apabila mahasiswa kependidikan tidak dibekali dengan cara pandang yang lengkap mengenai metode penjaminan mutu tersebut , kecakapan mahasiswa menjaga kualitas pendidikan dianggap kurang mumpuni. Sehingga, pemahaman mengenai penjaminan mutu menjadi penting.

Pentingnya mata kuliah ini terletak pada fakta bahwa sistem penjaminan mutu membantu organisasi pendidikan untuk mencapai kualitas yang diharapkan, mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin timbul, serta memberikan dasar bagi perbaikan berkelanjutan. Mata kuliah sistem penjaminan mutu bisa sangat relevan dengan kecakapan mahasiswa keguruan kelak ketika mereka berada di lembaga kependidikan. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan sebagai persiapan pasca perkuliahan. Sebagai contoh, organisasi yang harus menjaga dan meningkatkan mutu baik produk atau layanan mereka agar tetap bersaing. Dengan demikian bagi mahasiswa yang memahami konsep dasar sistem penjaminan mutu dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perbaikan proses, pengendalian kualitas, serta pemantauan yang lebih efektif.

Lebih lanjut, mata kuliah ini juga berusaha merespons terhadap pencapaian SDG 4.7 yang mengedepankan pendidikan yang mendukung pembelajaran seumur hidup dan keterampilan yang relevan untuk pekerjaan. Perkembangan dunia yang berubah dengan cepat, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang bagaimana mengukur, memantau, dan meningkatkan kualitas pendidikan sepanjang hidup. Ini membantu mahasiswa untuk menjadi agen perubahan yang berkomitmen dalam menghadapi tantangan pendidikan dan memastikan bahwa pendidikan yang berkualitas terus menjadi prioritas utama dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan kata lain, mata kuliah sistem penjaminan mutu adalah instrumen penting dalam mendukung perwujudan visi SDG 4 untuk pendidikan berkualitas bagi semua.