Satu Jam tiga puluh menit dengan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.

Bidang kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Pada PKKMB Intake Semester Genap FIP UNY ini untuk Prodi menagement pendidikan S3 dibersamai oleh Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dan Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd. kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19 Februari 2022 mulai dari pukul 13.00 hingga 14.30. Jumlah partisipan yang turut hadir dalam PKKMB ini berjumlah 16 orang. Kegiatan ini berlangsung secara daring dan dipandu oleh teman teman dari KMMD Paskalina Goan Wahafimu, S.Pd. dan Isnaini Nur Fauziah, S.Pd.

Pada pemaparan yang pertama disampaikan oleh bapak. Prof sugiyonom M.Pd. yang membahas tentang Kutikulum prodi S3 MP ini. beberapa pemaparan yang disampaikan adalah Untuk kurikulum prodi S3 MP 50 sks yang ditempuh selama 6 semester. Perkuliahan dilaksanakan secara daring-luring, kemudian laporan buku dan jurnal, membuat makalah, dll.Metode untuk belajar adalah dengan mengajarkan kepada orang lain yaitu 90 persen. Prof Suguono juga berbagi tips Cara Menulis Disertasi yaitu yang pertama adalah Niat yang terlaksana : memahami apa yang diteliti, memahami metode penelitian, menggunakan panduan penulisan disertasi yg ditentukan, komunikasi yang baik dengan pembimbing, pengumpulan data online atau penelitian dokumen, sinyal kuat, menyenangkan informan.

Untuk pemateri yang kedua adalah disampaikan oleh Dr. Lia Yuliana, M.Pd. beliau adalah salah satu dosen UNY yang mendapatkan gelar doktornya pada tahun 2020. Pada kesempatan kali ini beliau memaparkan tentang kiat-kiat lulus cepat dalam mendapatkan gelar doktornya. Beliau berbagi pengalaman bahwa selama menjalani kuliah doktornya beliau selalu duduk didepan dan tidak pernah meninggalkan kelas. Bu lia juga berpesan terhadap mahasiswa baru ini agar dapat segera menyelesaikan disertasinya sebelum masa DO yaitu 7 tahun. (laskar bka fip uny)