Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi KP FIP UNY

Agenda Temu Orangtua Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan 2021 dilaksanakan Rabu, 22/09/2021 mulai pukul 13.00 WIB. Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selaku perwakilan Dekanat FIP; Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. selaku Ketua Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan; Dr. Shely Cathrin, M.Phil. selaku Sekretaris Jurusan FSP; Amrih Setyo Rahardjo, M.PA. selaku Pendamping Mahasiswa KP; dan segenap Orangtua Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan. Pertemuan ini dilaksanakan melalui daring menggunakan platform Zoom yang disiarkan langsung melalui Youtube Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Setelah acara dibuka oleh MC, Ibu Shely, selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku perwakilan Dekanat FIP UNY, yang diawali dengan pemutaran video profil Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Bapak Joko menyampaikan bahwa situasi pandemi belum memungkinkan untuk dilaksanakan Pembelajaran Tatap Maya (PTM) hingga menunggu instruksi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu, beliau juga menginformasikan mengenai fasilitas yang sudah dipersiapkan untuk menyongsong PTM yang akan sesegera mungkin dilaksanakan.

Penyampaian materi selanjutnya oleh Kajur Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Ibu Dr. Ariefa Efitaningrum, M.Si.. Beliau menyampaikan mulai dari sejarah berdirinya Prodi Kebijakan Pendidikan, akreditasi jurusan, profil lulusan, hingga lembaga mitra dan kurikulum MBKM yang juga diterapkan dalam menyongsong pembelajaran di Prodi Kebijakan Pendidikan. Adanya fasilitasi oleh Prodi Kebijakan Pendidikan yang sedemikian rupa, beliau yakin Prodi KP mampu menghasilkan lulusan yang handal.

Selanjutnya adalah Pendamping mahasiswa, Bapak Amrih Setyo Rahardjo, M.PA., menyampaikan seputar fasilitasi kemahasiswaan Prodi KP. Dimulai dari menginformasikan mengenai ruang lingkup pendampingan kemahasiswaan, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, hingga penjelasan singkat mengenai Sistem Informasi UNY secara umum, Prodi Kebijakan Pendidikan secara khususnya. Beliau berharap, mahasiswa KP terdorong untuk ikut andil dalam kegiatan kemahasiswaan mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan hingga mengikuti program Student Exchange.

Setelah penjelasan dari ketiga narasumber tersebut di atas, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berjalan dengan unik dari prodi-prodi yang sudah melaksanakan temu orangtua mahasiswa sebelumnya, dimana sesi ini dibalut dengan rasa kekeluargaan berupa perkenalan orangtua mahasiswa, bincang-bincang, penyampaian kritik saran, dan tanya jawab yang dilakukan secara luwes dan santai.

Pertemuan diakhiri dengan penyampaian closing statement dari pendamping mahasiswa, ketua jurusan, dan Bapak Joko Pamungkas. Ketiga narasumber secara substansial menyampaikan hal yang sama, yaitu ajakan kepada orangtua mahasiswa untuk kolaborasi dan sinergitas dalam memonitoring serta memberi arahan kepada mahasiswa, agar dapat tercipta keharmonisan dan kemajuan bersama.( laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: