Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi PGSD FIP UNY

Rabu, 22/09/2021 mulai pukul 10.00 WIB Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melanjutkan kegiatan pertemuan dengan orangtua mahasiswa yang merupakan rangkaian acara yang dimulai Selasa 21/09/2021. Temu Orangtua Mahasiswa pada sesi ini adalah dengan Orangtua Mahasiswa PGSD 2021, dimana merupakan kegiatan awal pengenalan kampus bagi orangtua mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Pertemuan ini dilaksanakan menggunakan platform Zoom yang disiarkan langsung melalui akun Youtube FIP UNY, yang dihadiri oleh Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan FIP; Dr. Anwan Senen, M.Pd. selaku Kajur PGSD; Kurniawati.M.Pd sebagai moderator, Irfan Wahyu Pranoto, M.Pd. selaku Pendamping Mahasiswa PGSD; Agung Hastomo, M.Pd. selaku Dosen PGSD; dan segenap orangtua mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus penyampaian materi oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd.. Beliau menjelaskan seputar sejarah berdirinya UNY, pengenalan birokrasi universitas dan fakultas, visi UNY menjadi Universitas Berbadan Hukum pada tahun 2023, hingga penjelasan mengenai seluk beluk Fakultas Ilmu Pendidikan. Tidak lupa, beliau menyampaikan harapan untuk kemajuan Fakultas Ilmu Pendidikan yang didukung dengan program dan pelayanan dalam memfasilitasi mahasiswa FIP.

Selanjutnya, Bapak Dr. Anwan Senen, M.Pd. menyambut kehadiran orangtua mahasiswa PGSD dengan memberikan informasi seputar Prodi PGSD, sasaran lulusan, fasilitas pendukung pembelajaran, hingga etika yang dimiliki lulusan PGSD. Harapan dari beliau, adanya upaya prodi dalam mengembangkan kapasitas mahasiswa dengan beragam fasilitas dan pembelajaran yang handal, mampu meroketkan outcome lulusan PGSD dengan maksimal.

Bapak Dr. Agung Hastono selaku Dosen PGSD menyoroti adanya program kurikulum. Beliau menyampaikan, kurikulum yang dilaksanakan dalam Prodi PGSD tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang, dibuktikan dengan membekali mahasiswa dengan sikap 4C, menyesuaikan model dan strategi pembelajaran di era pandemi, keikutsertaan terhadap program MBKM, dan masih banyak lagi.

Pada kegiatan kemahasiswaan jurusan yang disampaikan oleh Bapak Irfan Wahyu Prananto, M.Pd. selaku Pendamping Mahasiswa, beliau memberikan informasi seputar upaya fasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan minat-bakat, serta membacakan prestasi-prestasi membanggakan yang baru-baru ini diraih mahasiswa PGSD.

Setelah pemaparan materi dari keempat narasumber selesai, Kurniawati.M.Pd selaku MC pada kesempatan kali ini membuka sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, banyak orangtua mahasiswa yang begitu antusias dan responsif terhadap materi yang disampaikan narasumber dan informasi yang diperlukan untuk menunjang anak-anak mereka dapat menempuh Program Studi PGSD dengan baik dan sukses. Pertanyaan diawali oleh Bapak Markoni yang bertanya tentang fasilitasi mahasiswa PGSD pada masa studi lanjutan dan pertanyaan lebih lanjut mengenai asrama mahasiswa FIP. Akhirnya, sesi tanya jawab dapat berakhir dengan baik.

Acara Temu Orang Tua Mahasiswa Prodi PGSD, diakhiri dengan harapan bahwa pertemuan awal ini menjadi langkah yang baik untuk kemajuan mahasiswa dan fakultas, sehingga dibutuhakan sinergitas dengan melibatkan peran orangtua mahasiswa. Oleh karena itu, para orangtua diimbau untuk bergabung dalam grup Whatsapp untuk memudahkan dalam komunikasi dan koordinasi.( laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: