Tim PLB UNY mendukung Konferensi Akomodasi dan Akesibilitas melalui Pemanfaatan Teknologi Asistif Anak Tunanetra

Tim PLB UNY yang terdiri dari 3 dosen dan 6 mahasiswa ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan konferensi internasional anak tunanetra (International Council for Education of People with Visual Impairment/ ICEVI). ICEVI merupakan lembaga internasional yang fokus pada bidang pendidikan untuk anak tunanetra. Program rutin yang diselenggarakan yaitu konferensi internasional setiap 4 tahun sekali dan tahun 2023 berlokasi di Indonesia khususnya Yogyakarta. Pelaksanaan konferensi ICEVI pada tanggal 18 sampai 21 September 2023 di Hotel Royal Ambarukmo dengan peserta dari 19 negara. Acara dibuka oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan dan dihadiri GBPH Prabukuumo, S. Psi serta Sri Topik yang diangkat yaitu mengenai akomodasi dan aksesibilitas dalam pendidikan anak tunanetra. Peserta terdiri dari akademisi, guru, orang tua dan komunitas pemerhati pendidikan anak tunanetra.

Dosen PLB UNY yang ikut berperan aktif yakni Dr. Sukinah, M. Pd; Rendy Roos Handoyo, M. Pd dan Elya Marfuatun, M. Psi. Tim dosen berperan sebagai panitia dan moderator pada concurrent session. Di samping itu juga terdapat mahasiswa PLB beranggotakan Sifa Nurazijah, Baiq Hidratul Qudsiyah, Denta, Purna Srikaya, Raynald Ramadhani dan Nimatul Azizah. Tim mahasiswa berperan sebagai volunteer pendamping peserta tunanetra, pembawa acara dan kesekretariatan.

Keikutsertaan tim UNY menambah pengalaman dan update informasi terkait pendidikan anak tunanetra saat ini karena adanya paparan resolusi di akhir kegiatan. Topik yang dibahas dalam kegiatan konferen berupa intervensi dini, pendidikan matematika untuk tunanetra, pemanfaatan teknologi asistif, peran komunitas orangtua, pendidikan anak tunanetra dengan kelainan penyerta dan optimalisasi karir anak tunanetra. Pada topik teknologi asistif terdapat informasi terupdate tentang sumber referensi dan praktik-praktik baik penggunaannya dalam pendidikan anak tunanetra. Salah satu contoh yang dibahas yakni teknologi asistif untuk membantu pelajaran matematika dan komunikasi bagi anak tunanetra dengan kelainan penyerta.