Workshop Penyusunan Konten, SOP, dan Juknis Dasalomba dalam Rangka Dies Natalis FIP UNY Tahun 2022.

Untuk menyongsong Dies Natalis ke-72 Fakultas Ilmu Pendidikan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni merencanakan kegiatan yang bisa mendongkrak prestasi, kompetensi, dan kreativitas mahasiswa baik untuk mengasah potensi internal mahasiswa di tingkat internal hingga nasional. Kegiatan ini bernama DasaLomba, yang dicanangkan dan dipersiapkan melalui Workshop Penyusunan Konten, SOP, dan Juknis DasaLomba dalam Rangka Dies Natalis FIP UNY, pada Ahad (19/06).

Workshop diawali oleh Nur Cahya Ningrum selaku MC dengan doa bersama, yang dilanjutkan sambutan oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP. acara inti pada workshop ini adalah persiapan dan perencanaan pembuatan konten web, pembuatan panduan berbagai macam lomba yang akan dipertandingkan. Lomba yang diselenggarakan ini akan dilaksanakan mulai dari skala lokal setingkat Fakultas Ilmu Pendidikan hingga skala nasional. Adanya berbagai macam perlombaan ini, selain untuk menyongsong hari kelahiran fakultas, juga sebagai upaya untuk mendongkrak prestasi dan pemeringkatan kemahasiswaan Fakulltas Ilmu Pendidikan dalam indikator IKU. Acara selanjutnya dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIP UNY.

Kegiatan inti workshop ditandai dengan pemaparan materi workshop oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. Dalam pemaparannya, Dr. Joko menyampaikan hal-hal teknis terkait perencanaan dan tahapan demi tahapan terkait bermacam kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan. Selain itu, beliau juga menyampaikan mulai dari tema secara umum kegiatan dan tema khusus dasa lomba hingga target workshop dan pembagian penanggung jawab setiap tangkai lomba. Dasa lomba yang dimaksud yaitu: Karya Ilmiah, Karya Cipta Tari, Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal, Baca Puisi, 3 Minute Speech, Keroncong Dangdut Pop, Mendongeng, Video Perjuangan Pendidikan, Festival Gending Dolanan Tradisional, dan Rintisan Temu Alumni. Penyampaian hasil kejuaraan dan pelaksanaan Festival Gending Tradisional akan diselenggarakan pada acara puncak.

Setelah pengantar disampaikan oleh Doktor Joko, selanjutnya peserta workshop berkumpul sesuai tim penanggungjawab setiap tangkai perlombaan untuk menyusun pedoman dan proposal perlombaan. Setelah masing-masing tim berdiskusi, selanjutnya dipersilakan masing-masing untuk mempresentasikan hasil kerja tim dan diberikan pertanyaan, masukan, serta saran, serta dipastikan setiap tangkai perlombaan direncanakan secara maksimal. Manfaat lain adanya pertanggung jawaban semacam ini, untuk bahan belajar dan mencari pengalaman, sehingga ketika menjadi tuan rumah acara FIP JIP tahun 2022 dapat dipersiapkan dengan baik berbekal pengalaman untuk merancang dan menyukseskan acara Dies Natalis yang ke-72 tahun 2022 ini.( laskar bka fip)