Skip to main content

   Indonesia   |    English

Main Menu - En

  • HOME
  • PROFILE
    • HEAD OF FACULTY
    • VISION, MISSIONS
    • VISION
  • DEPARTEMENT
    • EDUCATIONAL ADMINISTRATION
      • Educational Management Bachelor Program
    • NON-FORMAL EDUCATION
      • Non-formal Education Bachelor Program
    • SPECIAL EDUCATION
      • Special Education Bachelor Program
    • CURRICULUM AND EDUCATIONAL TECHNOLOGY
      • Educational Technology Bachelor Program
    • PHILOSOPHY AND SOCIOLOGY EDUCATION
    • EDUCATIONAL PSYCOLOGY AND GUIDANCE
      • Guidance and Counceling Study Program
    • PRIMARY SCHOOL EDUCATION
      • Elementary School Teacher of Education Program
    • EARLY CHILDHOOD EDUCATION
      • Early Childhood Teacher Education Bachelor Program
    • PSYCHOLOGY
      • Psychology
  • ACADEMIC
  • STUDENT
  • ADMISSION
    • Internastional Student
    • Local Student
    • PARTNERSHIP
      • International
      • Local
  • TRACER STUDY
    • Form Tracer Study
    • Graduate User Satisfaction
  • CONTACT
By admin | 1:49 PM WIB, Wed February 24, 2016

            Sahabat Disabilitas merupakan komunitas yang didirikan mahasiswa pendidikan luar biasa pada tanggal 15 Januari  2016. Komunitas ini didirikan karena keresahan yang dirasakan mahasiswa terhadap sahabat yang mengalami kebutuhan khusus. Sahabat yang mengalami kebutuhan khusus utamanya yang berada di perguruan tinggi merasa bahwa sampai saat ini pemberian sarana dan prasarana serta pelayanan masih banyak yang belum aksesibel. Sehingga mahasiswa dari pendidikan luar biasa mempunyai inisiatif untuk membentuk komunitas yang dapat membantu sahabat yang mengalami berkebutuhan khusus dalam memeperoleh pelayanan dan sarana serta prasarana yang layak dan baik. Adapun visi dari komunitas Sahabat Disabilitas ini adalah “Menciptakan Lingkungan Ramah Disabilitas. Sedangkan misi dari komunitas Sahabat Disabilitas adalah menyelenggarakan study keilmuan disabilitas dan pendampingan disabilitas.

            Temu perdana yang dilakukan pada hari Jumat tanggal 19 Februari 2016 merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh Sahabat Disabilitas. Pada kegiatan ini dilakukan diskusi keilmuan yang membahas tentang kampus ramah disabilitas. Dengan pembicara Presti Murti Setiarti, S.Pdi seseorang yang mengalami tunanetra dan merupakan aktivis ITMI (Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia), PLD (Pusat Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga, LSM Sapda.

            Menurut Presti Murti kampus ramah disabilitas merupakan kampus yang memiliki 3 aspek penting. Adapun aspeknya adalah aksesibilitas fisik, aksesibilitas non fisik dan kebijakan. Aspek aksesibilitas fisik mencakup banyak hal diantaranya adalah mahasiswa berkebuthan khusus dapat mengakses segala sesuatu secara mandiri, memiliki sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada saat proses belajar mengajar di kampus. Aspek aksesibilitas non fisik diantaranya penerimaan dari berbagai unsur kampus misalnya adalah mahasiswa, dosen, dan karyawan dalam memberikan pelayanan dapat maksimal. Selanjutnya adanya kebijakan atau sistem yang mewadahi tidak adanya diskriminasi dalam memperoleh pendidikan yang layak untuk mahasiswa berkebutuhan khusus. Selain itu juga perlu pihak kampus untuk melakukan keterlibatan civitas akademik dala melakukan berbagai pelatihan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan elibatkan dosen dalam pelatihan soft skill dalam membantu mahasiswa berkebutuhan khusus untuk memperoleh pelayanan yang baik. Hal ini didasarkan kepada beberapa peraturan diantaranya adalah: UNCRPD, Permendiknas No 70 tahun 1979, Undang- Undang No 20 tahun 2003 Pasal 32, Perda No. 4 tahun 2014 Pasal 5-15, Peraturan Gubernur Pusat Sumber Pendidikan Inklusif.

            Kampus ramah disabilitas sebenarnya seperti apa? Seharusnya penyandang disabilitas perlu mendapatkan pelayanan dan akses yang sama dengan yang lain. Sebenarnya hakekat ramah itu sendiri menurut Presti merupakan perlakuan yang diberikan dengan baik dan akrab. Contohnya pada saat proses pembelajaran di kelas seorang mahasiswa yang mengalami hambatan penglihatan maka seorang dosen harus melakukan modifikasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki oleh mahasiswa. (say/ant) 

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY