Skip to main content

   Indonesia   |    English

Main Menu - En

  • HOME
  • PROFILE
    • HEAD OF FACULTY
    • VISION, MISSIONS
    • VISION
  • DEPARTEMENT
    • EDUCATIONAL ADMINISTRATION
      • Educational Management Bachelor Program
    • NON-FORMAL EDUCATION
      • Non-formal Education Bachelor Program
    • SPECIAL EDUCATION
      • Special Education Bachelor Program
    • CURRICULUM AND EDUCATIONAL TECHNOLOGY
      • Educational Technology Bachelor Program
    • PHILOSOPHY AND SOCIOLOGY EDUCATION
    • EDUCATIONAL PSYCOLOGY AND GUIDANCE
      • Guidance and Counceling Study Program
    • PRIMARY SCHOOL EDUCATION
      • Elementary School Teacher of Education Program
    • EARLY CHILDHOOD EDUCATION
      • Early Childhood Teacher Education Bachelor Program
    • PSYCHOLOGY
      • Psychology
  • ACADEMIC
  • STUDENT
  • ADMISSION
    • Internastional Student
    • Local Student
    • PARTNERSHIP
      • International
      • Local
  • TRACER STUDY
    • Form Tracer Study
    • Graduate User Satisfaction
  • CONTACT
By admin | 9:13 AM WIB, Tue February 05, 2013

Jumat (1/2) Anak berkebutuhan khusus, terutama anak tunagrahita, mendapatkan perhatian khusus baik Indonesia maupun luar Indonesia. Mereka pun memiliki kebutuhan yang sama dengan orang normal pada umumnya. Apalagi saat transisi dari umur remaja ke dewasa.  Saat memasuki dunia pendewasaan, anak tunagrahita lebih banyak membutuhkan pendampingan untuk lebih mengenal dunia luar. Biasanya anak tersebut menghadapi ketakutan dan stress, membutuhkan lebih banyak perhatian, karena anak tersebut mulai beranjak dewasa dan mulai merubah atau mengambil peran penting dalam kehidupannya. Karena bagaimanapun anak tersebut harus bisa bekerja untuk menopang kehidupannya dengan keterbatasan yang dia miliki.

Dr. Caroline Ellison, Kepala  Komunitas Difabel dan Inklusi dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Flinders University, Australia mengangkat kasus transisi anak tunagrahita sebagai materi guest lecturing  yang diadakan jurusan PLB FIP UNY. Beliau prihatin karena masih banyak anak tunagrahita yang pada masa dewasanya masih belum bisa menopang kehidupannya sendiri, terutama di negaranya, Australia. Cepat atau lambat anak tunagrahita harus bisa merasakan pengalaman hidup sesungguhnya, dan mempelajari situasi. Dalam kehidupan social, mereka membutuhkan lebih banyak perhatian terutama dari komunitasnya harus bisa memberikan waktu bagi anak tunagrahita dalam menguasai situasi dan kondisi. Ini akan melatih supaya anak tersebut bisa independen dan lebih siap menghadapi dunia kerja. Lebih lanjut, masa transisi seorang anak tunagrahita memberikan kontribusi yang besar pada kehidupan anak

Acara guest lecturing yang diadakan di Abdullah Sigit Hall dihadiri oleh Wakil Rektor IV bidang kerja sama Internasional, Prof. Suwarsih Madya, PhD., Dekan FIP UNY, WD I, WD II, WD III, Kajur PLB FIP UNY, dosen-dosen PLB FIP UNY dan mahasiswa PLB FIP UNY dari berbagai angkatan.(ant)

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY