Skip to main content

   Indonesia   |    English

Main Menu - En

  • HOME
  • PROFILE
    • HEAD OF FACULTY
    • VISION, MISSIONS
    • VISION
  • DEPARTEMENT
    • EDUCATIONAL ADMINISTRATION
      • Educational Management Bachelor Program
    • NON-FORMAL EDUCATION
      • Non-formal Education Bachelor Program
    • SPECIAL EDUCATION
      • Special Education Bachelor Program
    • CURRICULUM AND EDUCATIONAL TECHNOLOGY
      • Educational Technology Bachelor Program
    • PHILOSOPHY AND SOCIOLOGY EDUCATION
    • EDUCATIONAL PSYCOLOGY AND GUIDANCE
      • Guidance and Counceling Study Program
    • PRIMARY SCHOOL EDUCATION
      • Elementary School Teacher of Education Program
    • EARLY CHILDHOOD EDUCATION
      • Early Childhood Teacher Education Bachelor Program
    • PSYCHOLOGY
      • Psychology
  • ACADEMIC
  • STUDENT
  • ADMISSION
    • Internastional Student
    • Local Student
    • PARTNERSHIP
      • International
      • Local
  • TRACER STUDY
    • Form Tracer Study
    • Graduate User Satisfaction
  • CONTACT
By admin_fip | 11:06 AM WIB, Mon October 07, 2019

(20/09) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan menggelar Workshop Mixed Method dengan narasumber Laras Sekarasih, S.Psi., M.S., Ph.D. dari Universitas Indonesia. Workshop yang digelar di gedung pascasarjana UNY membahas tentang pendekatan yang mengintegrasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan penemuan atau menjawab pertanyaan penelitian. Mixed Method (MM) dibutuhkan saat permasalahan penelitian yang diteliti bersifat kompleks terutama masalah yg cukup besar, memenuhi kebutuhan audiens riset, memungkinkan adanya kolaborasi karena ada orang yang sangat kuantitatif dan sangat kualitatif. MM bukan untuk memperbaiki penelitian kuantitatif atau kualitatif yang tidak sempurna, karena salah satu metode dapat menjelaskan dengan baik ketika grand design juga baik. Penelitian MM digunakan untuk mengkonfirmasi, apakah sesuai dengan yang diceritakan oleh partisipan. Wawancara dilakukan untuk mengetahui seperti apa dukungan sosial yang didapatkan partisipan. Pembuatan alat ukur, melakukan survei, FGD, hasilnya disarikan dan menjadi dasar pembuatan alat ukur. Alat ukur tersebut akan diuji secara kuantitatif. Kelebihan dari penggunaan Mixed method yaitu: (1) Data semakin terintegrasi sesuai kebutuhan, dan (2) Ada banyak informasi yang didapat user, ada banyak perspektif dari rumusan masalah, ada pengintegrasian hasil antara data angka dan penjelasan dari kualitatif. Adapun kekurangannya yaitu: (1) Ada orang yang hanya mengetahui kuantitatif dan kualitatif tanpa mau mendengar satu sama lain, (2) waktu penelitian lebih panjang, (3) dana penelitian besar, sampel ratusan, perlu adanya insentif, (4) menulis pembahasan yang cukup kesulitan karena banyaknya data. Papar laras dalam workshop Mixed Method yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa S1-S2 Psikologi UNY. Peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop hingga akhir acara.(yul/rit)

psikologi

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY