Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Implementasi Strategi Pembelajaran melalui Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

By admin_fip | 10:57 AM WIB, Mon October 02, 2023

Anak berkebutuhan khusus (ABK), dalam proses pembelajaran sangat memerlukan aktivitas perbuatan (motor skills activities), untuk membantu kerja pikir atau proses pemahaman obyek yang dipelajari (mental activities). Selain itu, ABK menggunakan modalitas belajar yang masih berfungsi seperti modalitas visual, auditori, dan kinestetik. Pengakifan berbagai modalitas belajar dan aktivitas belajar tersebut memerlukan stimuan obyek, yang dapat diraba, didengar dan dilihat. Di sisi lain daya tahan ABK dalam belajar sangat terbatas, hal ini karena karakteristik ABK yang cenderung memiliki perhatian mudah teralihkan, kurang konsentrasi, kurang berinteraksi dan juga kelelahan fisik. Fakta di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan sekolah inklusif menunjukkan bahwa guru kesulitan menciptakan belajar ABK aktif, dalam pembelajaran siswa cenderung mendengarkan, dan mengerjakan LKPD, tidak ada bahan dan media selama belajar. Mengantisipasi kondisi ABK tersebut, pembelajaran yang dikemas melalui kegiatan aktif dan permainan, dapat menghasilakan proses dan hasil belajar efektif (Dubnewick et al., 2018).

Tekait dengan permasalahan tersebut di atas, Dosen Mata Kuliah Strategi Pembelajaran ABK berkolaborasi dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Departemen PLB FIPP UNY mengadakan serangkaian kegiatan workshop dan pendampingan bagi guru-guru SLB di D.I. Yogyakarta, khususnya guru dengan siswa hambatan penglihatan, hambatan pendengaran, dan hambatan intelektual. Kegiatan tersebut mencakup persamaan persepsi melalui workshop, pendampingan pembuatan APE, pendampingan penerapan APE di sekolah dan evaluasi serta tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini menjadi salah satu studi kasus bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah strategi pembelajaran ABK, khususnya dalam memanfaatkan APE sesuai karakteristik dan kebutuhan ABK yang dikaitkan mata pelajaran tertentu.

Kegiatan workshop APE dilakukan secara luring yang berlokasi di Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 10 Agustus 2023. Kegiatan diisi dengan penyampaian materi tentang Pemahaman APE dalam Pembelajaran oleh Prof. Dr. Ishartiwi, M.Pd., Contoh APE IPAS (IPA) untuk ABK oleh Nur Azizah, Ph.D., Contoh APE IPAS (IPA) untuk ABK oleh Adi Suseno, M.S., dan Contoh APE PKn untuk ABK oleh Rendy Roos Handoyo, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB dengan jumlah peserta 20 guru SLB di D.I. Yogyakarta. Target pertemuan yaitu penyamaan persepsi mengenai kedudukan strategi pembelajaran dalam semua komponen pembelajaran dan pemanfaatan APE dalam pembelajaran sesuai kondisi dan situasi peserta didik dan sekolah.

Pendampingan guru dalam merancang storyboard, membuat rancangan APE dan prototipenya dilakukan melalui zoom, sedangkan implementasi di kelas masing-masing dilakukan secara mandiri. Pada kegiatan merancang storyboard, membuat rancangan APE dan prototipenya, tim dosen menyampaikan pengantar dalam merancang penyusunan dan pembelajaran APE serta memetakan kebutuhan APE di sekolah masing-masing. Selanjutnya, guru merancang penyusunan storyboard APE secara asinkron. Guru melakukan penetapan topik, menentukan peserta didik, menentukan Capaian Pembelajaran, menetapkan tujuan pembelajaran, menentukan materi dan deskripsinya, dan menetapkan APE. Setelahnya, guru membuat Rancangan dan prototipe APE secara asinkron dengan menetapkan nama, bentuk desain, dan rancangan pemanfaatan/penggunaan, serta membuat prototipe APE sesuai rancangan dengan alat dan bahan yang difasilitasi oleh tim dosen. Pada kegiatan implementasi, guru melakukan ujicoba prototipe APE dalam pembelajaran di kelas masing-masing dan rencana tindak lanjut. Hasil dari implementasi pemanfaatan APE dalam mendukung strategi pembelajaran ABK menjadi studi kasus dalam mata kuliah strategi pembelajaran ABK sehingga mahasiswa dapat memiliki gambaran dan wawasan dalam melakukan pemikiran kritis tentang kondisi riil di lapangan, sebagai dasar pengembangan strategi pembelajaran yang efektif bagi ABK.

Melalui pelaksanaan kolaborasi antara mata kuliah strategi pembelajaran ABK dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mahasiswa diharapkan mempunyai gambaran studi kasus di SLB, mempunyai pemahaman tentang pembelajaran bagi ABK, memiliki gambaran dalam memanfaatkan media pembelajaran APE dalam strategi pembelajaran, dan memiliki gambaran dalam mengembangkan media pembelajaran APE sesuai kondisi dan situasi di sekolah masing-masing sehingga mampu meningkatkan pendidikan yang lebih baik yang sesuai dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) no 4, yaitu peningkatan kualitas pendidikan untuk semua termasuk anak berkebutuhan khusus.

Penulis: Rendy Roos Handoyo, M.Pd. dan Adi Suseno, M.S.

 

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Kolaborasi Mbangun Desa antara FIP UNY dengan Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul
    03/14/2022 - 09:15
  • Kepedulian Sosial UNY: Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Barokah untuk Generasi Unggul dan Berdaya Saing
    08/12/2024 - 12:51
  • Perlunya Mahasiswa Pendidikan Khusus Melek Kebijakan Pendidikan
    10/02/2023 - 11:01
  • Kolaborasi UNY dan Dinas Pariwisata: Pelatihan Kepemanduan Live In di Kampung Emas Gunungkidul
    08/07/2025 - 15:44
  • INOVASI LOKAL SAKA ARUM : PPK ORMAWA HIMA PGSD FIPP UNY DORONG REBRANDING “GULA POTHEK” BERDAYA SAING DI KULON PROGO
    10/02/2025 - 08:45
  • Menyemai Gagasan Baru Pendidikan: Srawung Pendidikan #6 PUI KIP FIP UNY Bahas Transformasi Kebijakan Nasional
    10/08/2025 - 13:39
  • FIP UNY Sulap Lahan dan Kolam Jadi Budidaya Ikan Nila, Wujudkan SDGs di Kampus
    09/30/2025 - 09:22
  • "Disertasi Ungkap Peran TIK dalam Revitalisasi Perpustakaan Desa sebagai Pusat Belajar"
    06/19/2025 - 12:45
  • Pengukuhan 4 Guru Besar FIPP UNY
    08/28/2023 - 13:50
  • Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum Mendapat Anugerah Tokoh Pendidikan FIP JIP 2021
    11/11/2021 - 04:55

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY