Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Kolaborasi Inovatif! FIP UNY dan Pemkot Jogja Bahas Program Kampung Emas

By admin_fip | 8:45 AM WIB, Thu May 08, 2025

Yogyakarta, 7 Mei 2025 – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan audiensi dengan Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo, yang diwakili oleh Wakil Dekan FIP UNY, Dr. Cepi Safaruddin Abd Jabar, M.Pd, serta dosen Pendidikan Non-Formal (PNF) Dr. Hiryanto, M.Si, dan Dr. Yudan Hermawan, M.Pd. Dalam pertemuan ini, FIP UNY menyampaikan beberapa program yang dapat dikerjasamakan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, salah satunya adalah Program Kampung Emas UNY. Program tersebut mencakup berbagai inisiatif, termasuk rencana pendirian sekolah untuk lansia yang akan menjadi salah satu fokus utama.

Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo, memberikan arahan terkait prioritas program yang harus dikembangkan dan difokuskan dalam kerjasama antara UNY dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Ada tiga prioritas utama yang disampaikan oleh Pak Hasto, yaitu:

  • Charity (Kepedulian Sosial)
  • Produksi (Ekonomi Produktif)
  • Fisik (Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan)

Contoh Program Prioritas

1. Fisik: Program yang diusulkan mencakup fokus pada kebersihan lingkungan, seperti pengelolaan sampah dan kesehatan lingkungan, untuk menciptakan kota yang lebih bersih dan sehat.

2. Charity:

  • Sekolah Lansia: Program pendidikan bagi lansia dengan kurikulum yang disusun bekerja sama dengan BKKBN. Di samping itu, program ini juga mencakup layanan kesehatan gratis setiap tiga bulan sekali untuk lansia, dengan melibatkan tenaga medis seperti bidan dan perawat di setiap kampung.
  • Food Bank: Pembentukan tempat penampung kelebihan makanan dari berbagai sumber, seperti hotel, yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. UNY dapat berperan dalam inisiasi ini melalui program Food Rescue, di mana mahasiswa UNY juga dapat menjadi relawan untuk membantu distribusi makanan.

3. Produksi:

  • Kampung Produktif: Pendirian kampung batik dan kampung wisata sebagai bentuk pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal. Program ini juga mencakup penerapan penggunaan batik Jogja, khususnya Batik Segoro Amarto, di kalangan pelajar dan masyarakat di Kota Yogyakarta.

Pak Hasto berharap bahwa kolaborasi ini dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Yogyakarta dan menguatkan sinergi antara akademisi dan pemerintah dalam pembangunan kota yang lebih berkelanjutan dan inklusif.


Audiensi ini menandai langkah awal yang baik untuk memperkuat kerjasama antara UNY dan Pemkot Yogyakarta, dengan berbagai program yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi produktif.

Berita

  • FIP UNY Jadi Tujuan Studi Tiru KKM 3 MA Bangkalan Madura
    10/28/2025 - 09:25
  • FIPP UNY Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Menuju Layanan Prima dan Tata Kelola yang Baik
    10/10/2024 - 19:29
  • FIP UNY Sambut Visiting Professor dari Victoria University Australia Bahas Penguatan Pendidikan Inklusif
    10/30/2025 - 09:36
  • Panggung Prestasi: Tiga Mahasiswa Hebat FIPP Siap Bertarung di Ajang Mapres Tingkat Universitas
    04/16/2025 - 09:52
  • Market Day dan Save Money Program Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha Dikalangan Anak Usia Dini di TK Al Hikmah Sumbersari Nibung Musi Rawas Utara Sumatera Selatan
    10/02/2023 - 11:26
  • Benchmarking Universitas Sultan Ageng Tirtayasa( UNTIRTA) tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)  di FIPP UNY
    12/13/2023 - 09:12
  • Peran Ilmu Pendidikan dalam Mewujudkan Kemandirian dan Kemerdekaan Belajar
    08/16/2022 - 09:47
  • Assoc. Prof. Nina Maadah Jadi Visiting Professor di PGSD FIPP UNY, Tingkatkan Kolaborasi Internasional Melalui Penandatanganan Kerja Sama
    04/21/2025 - 16:00
  • Rintisan Kerjasama Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Dengan Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP Universitas Negeri Malang
    11/08/2021 - 07:50
  • Manfaat Sertifikat Pendidik PPG dan Kesempatan Emas Menjadi Guru Profesional!
    01/09/2025 - 17:55

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY