Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)

By admin_fip | 10:21 AM WIB, Mon October 02, 2023

September 2000 perwakilan dari 189 negara di dunia menandatangani Millennium Declaration Goals yang dinamakan Millennium Development Goals (MDGs), yang di Indonesia disebut sebagai Tujuan Pembangunan Milenium. Deklarasi tersebut meliputi; 1) Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan (eradicate extreme poverty and hunger), 2) Mencapai pendidikan dasar untuk semua (achieve universal primary education), 3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan (promote gender equality and empower women), 4) Menurunkan angka kematian anak (reduce child mortality), 5) Meningkatkan kesehatan ibu (increase maternal health), 6) Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya (combat HIV/AIDS, malaria and other diseases), 7) Memastikan kelestarian lingkungan hidup (ensure environment sustainability), 8) Membangun kemitraan global untuk pembangunan (develop a global partnership for development).

Kesepakatan tersebut didasarkan pada pemenuhan hak dasar warga negara atau right based approach (human right) yang bersifat universal, legal dan berlaku sama bagi setiap warga negara. Hak dasar tersebut didasarkan pada pemikiran akan penghargaan dan penghormatan terhadap manusia dan kemanusiaan. Hal ini telah diundangkan oleh PBB meliputi; 1) hak individual atau hak-hak yang dimiliki setiap orang, 2) hak kolektif atau hak masyarakat yang hanya dapat dinikmati bersama orang lain, seperti hak akan perdamaian, hak akan pembangunan dan hak akan lingkungan hidup yang bersih, 3) hak sipil dan politik, antara lain memuat hak-hak yang telah ada dalam perundangan Indonesia seperti; hak atas penentuan nasib sendiri, hak memperoleh ganti rugi bagi mereka yang kebebasannya dilanggar, hak atas kehidupan, hak atas kebebasan berfikir, berkeyakinan dan beragama, hak yang sama bagi perempuan dan laki-laki untuk menikmati hak sipil dan politik, hak seseorang untuk diberi tahu alasan-alasan pada saat penangkapan, persamaan hak dan tanggung jawab antara suami-istri, hak atas kebebasan berekspresi, 4) hak ekonomi, sosial dan budaya, antara lain memuat hak untuk menikmati kebebasan dari rasa ketakutan dan kemiskinan, larangan atas diskriminasi ras, wama kulit, jenis kelamin, gender, dan agama, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan untuk menikmati hak ekonomi, sosial dan budaya, hak untuk mendapat pekerjaan, hak untuk memperoleh upah yang adil bagi buruh laki-laki dan perempuan, hak untuk membentuk serikat buruh, hak atas pendidikan, hak untuk bebas dari kelaparan.

Prinsip-prinsip human right ini diadopsi oleh beberapa institusi internasional seperti CARE, Save the Children, UNICEF, UNDP, UNFPA, UNESCO dan SIDA, DFID untuk dijadikan dasar aktivitasnya. Demikian juga MDGs dibentuk dengan prinsip hak dasar warga negara atau human right based approach. Dengan menggunakan prinsip right based approach, maka upaya memberikan pelayanan bidang pendidikan menjadi salah satu tujuan prioritas untuk mewujudkan Education for All (EFA), yang di Indonesia disebut sebagai Pendidikan Untuk Semua (PUS). Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara dan kebutuhan paling asasi bagi semua orang untuk membebaskan diri dari kebodohan dan keterbelakangan, mampu berpartisipasi dalam proses politik dan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis, dan memiliki kemampuan untuk membebaskan diri dari kemiskinan. Sejauhmana upaya tersebut dijalankan, diperlukan pencermatan yang disebut Sustainable Development Goals (SDGs) yang meliputi 17 indikator, yaitu; no poverty, zero hunger, good health and well being, quality education, gender equality, clean water and sanitation, affordable and clean energy, decent work and economic growth, industry, innovation, and infrastructure, reduced inequalities, sustainable cities and communities, responsible consumption and production, climate action, life below water, life on land, peace, justice, and strong institutions, partnership for the goals.

Terkait quality education, penyelenggaraan pendidikan inklusi dan berdiferensiasi merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan dan pembelajaran bagi semua peserta didik, untuk memperoleh pendidikan dan/atau layanan pembelajaran sesuai kebutuhannya masing-masing guna meningkatkan potensinya sama seperti peserta didik pada umumnya. Lembaga Pendidikan dan pendidik atau guru serta desainer pembelajaran perlu mengidentifikasi gejala-gejala yang tampak pada setiap peserta didik seperti kelainan fisik, mental, intelektual, sosial-budaya dan emosi, atau potensi kecerdasan, gaya belajar dan bakat-bakat tertentu untuk dijadikan pijakan/dasar dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Untuk itulah, mahasiswa Prodi Teknologi Pembelajaran harus mampu dan memiliki sikap serta persepsi positif terhadap bidang kajian desain pembelajaran, sehingga terbentuk kemandirian, ketekunan dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas profesionalnya. Secara mandiri maupun kelompok mahasiswa mampu memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan pengetahuannya tentang desain pembelajaran secara bermakna, untuk diterapkan di berbagai konteks pembelajaran serta pada karakteristik peserta belajar yang berbeda-beda. Dengan menggunakan pengetahuannya tersebut mahasiswa mampu melakukan kegiatan desain pembelajaran secara koheren dan kontekstual sesuai kondisi masing-masing peserta belajar.

Materi yang dikaji dalam perkuliahan meliputi; asumsi desain pembelajaran, variabel-variabel pembelajaran, pembelajaran sebagai sistem, teori-teori yang mendasari desain pembelajaran, karakteristik peserta belajar, serta komponen-komponen desain pembelajaran. Berbagai model desain sistem pembelajaran serta implementasinya di berbagai konteks juga dipelajari. Mahasiswa mengkaji hasil riset dan praktik model desain sistem pembelajaran dari berbagai jurnal dan sumber-sumber lain. Pendekatan perkuliahan mengkombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas-tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa kajian materi secara kelompok/berpasangan serta tugas-tugas proyek terapan secara mandiri. Pemberian nilai dipusatkan pada keterlibatan aktif mahasiswa di dalam interaksi kelas, kualitas ide pengembangan desain pembelajaran yang diserahkan baik dari segi substantif maupun dalam bentuk karya laporan proyek, serta kualitas jawaban ujian. (C. Asri B.)

SDGs #4 Pendidikan
SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Pentingnya Mata Kuliah Psikologi Positif dalam Mendorong Perkembangan Keilmuan Psikologi Positif dan Well-Being
    10/02/2023 - 13:32
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Mata Kuliah: Praktik Teknologi Pendidikan (S2TP UNY-2SKS)
    10/02/2023 - 10:11
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Pelantikan Ormawa FIPP 2023
    02/07/2023 - 11:59
  • Penyerahan Surat Tugas Tambahan Dosen FIPP UNY untuk Tahun 2024
    01/08/2024 - 15:14
  • UUIK FIPP UNY Sosialisasi Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024
    01/18/2024 - 13:33
  • Koordinasi dan Sosialisasi Mahasiswa Berprestasi FIP UNY Tahun 2022
    01/18/2022 - 08:55
  • Kuliah Tamu oleh Assoc. Prof. Jill Willis, Ph.D. dari Queensland University of Technology di UNY
    06/20/2024 - 08:20
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY