Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Kunjungan Akademik Pokhara University ke Labschool UNY: Inspirasi untuk Pendidikan Tinggi

By admin_fip | 3:00 PM WIB, Tue February 25, 2025

Yogyakarta, 24 Februari 2025 - Sebanyak 26 pejabat dari Pokhara University, Nepal, melakukan kunjungan akademik yang sangat berharga ke Labschool FIPP UNY. Kunjungan ini bukan sekadar kunjungan biasa, namun sebuah perjalanan inspiratif yang diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan pendidikan tinggi di Pokhara University. Ketertarikan mereka pada Labschool UNY bermula dari keinginan untuk mendirikan sekolah serupa di institusi mereka, sebuah sekolah yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga mampu mengembangkan karakter dan keterampilan siswa secara holistik.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi yang tak ternilai bagi Pokhara University untuk mewujudkan impian mereka mendirikan sekolah laboratorium serupa di institusi mereka. Model pendidikan yang diterapkan di Labschool UNY, dengan segala keunikan dan keunggulannya, termasuk inklusivitasnya, diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi pengembangan pendidikan tinggi di Pokhara University, sebuah model yang dapat mencetak generasi muda Nepal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Ketertarikan Pokhara University pada model sekolah laboratorium bermula dari keinginan luhur mereka untuk memiliki sekolah yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademik semata, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Mereka melihat Labschool UNY sebagai contoh yang berhasil dalam menerapkan model ini, sebuah sekolah yang mampu mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter kuat dan memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman.

Kedatangan delegasi Pokhara University disambut dengan hangat dan penuh keramahan oleh kepala sekolah SMP Labschool UNY, ibu Zidni Nuzula, M.Pd., beserta seluruh staf dan guru. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga dan terhormat atas kunjungan ini, serta berharap dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan tinggi di Pokhara University.

Delegasi Pokhara University mendapatkan pemaparan yang komprehensif dan mendalam mengenai program-program unggulan yang dijalankan di Labschool UNY, mulai dari jenjang KB TK, SD, hingga SMP. Setiap jenjang pendidikan memiliki program-program yang dirancang secara khusus untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pemaparan ini memberikan gambaran jelas tentang bagaimana Labschool UNY berhasil mengintegrasikan pendidikan dari berbagai jenjang.

Kunjungan ini semakin istimewa dan bermakna dengan kehadiran langsung Principal Board Members Pokhara University, Prof. Dr. Er. Hari Prasad Bhandari. Kehadiran beliau tidak hanya menunjukkan keseriusan pihak universitas dalam mempelajari model sekolah laboratorium, tetapi juga menjadi simbol komitmen kuat untuk memajukan pendidikan tinggi di Pokhara University.

Setelah pemaparan program yang menarik dan informatif, delegasi Pokhara University berkesempatan untuk berdiskusi secara interaktif dengan para guru dan staf Labschool UNY. Diskusi yang berlangsung hangat dan produktif ini menjadi ajang bertukar pikiran, pengalaman, dan pengetahuan tentang berbagai aspek pendidikan. Selain berdiskusi, delegasi juga mengunjungi kelas-kelas untuk melihat langsung bagaimana proses pembelajaran berlangsung, berinteraksi dengan siswa, dan merasakan atmosfer pendidikan yang dinamis dan inspiratif.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi yang tak ternilai bagi Pokhara University untuk mewujudkan impian mereka mendirikan sekolah laboratorium serupa di institusi mereka. Model pendidikan yang diterapkan di Labschool UNY, dengan segala keunikan dan keunggulannya, diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi pengembangan sekolah laboratorium di Pokhara University, sebuah model yang dapat mencetak generasi muda Nepal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Kunjungan akademik ini diakhiri dengan sesi foto bersama yang penuh keakraban dan tur keliling lingkungan Labschool UNY yang asri dan inspiratif. Kedua belah pihak, Pokhara University dan Labschool UNY, berharap dapat menjalin kerja sama yang berkelanjutan di masa depan, sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan di kedua institusi.

Berita

  • Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Melalui Pendidikan Inklusi
    10/02/2023 - 10:50
  • Mewujudkan Tercapainya Indikator SDGs di Dunia Pendidikan melalui Mata Kuliah Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan
    09/30/2023 - 10:03
  • Mata Kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan sebagai Salah Satu Pencapaian Indikator SDGs
    09/30/2023 - 10:42
  • Mata Kuliah Pendidikan Positif dan Pencapaian SDG’s (Sustainable Development Goals) di bidang Pendidikan
    10/02/2023 - 13:52
  • Bimbingan dan Konseling Berbasis Komunitas dalam Upaya Mendorong Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 10:55
  • Pelatihan Sadar Wisata bagi Pokdarwis di Kelurahan Merdikorejo
    10/02/2023 - 13:30
  • Anugrah Fadly Kreato Seniman, Anak Berkebutuhan Khusus Lulus S2 di PLB FIP UNY
    08/20/2025 - 09:04
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15
  • Prof. Dr. Mumpuniarti, M.Pd, Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Hambatan Intelektual
    05/17/2022 - 09:49
  • Peran Kunci Mata Kuliah Profesi Bimbingan dan Konseling untuk Memperkenalkan LSP BK : Langkah Awal Mewujudkan SDGs17
    10/02/2023 - 10:33

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY